Pengembangan buku bacaan sesuai karakteristik anak TK Kelompok A di TK Negeri Pembina 2 Malang / Sariati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku bacaan sesuai karakteristik anak TK Kelompok A di TK Negeri Pembina 2 Malang / Sariati

Sariati (2014) Pengembangan buku bacaan sesuai karakteristik anak TK Kelompok A di TK Negeri Pembina 2 Malang / Sariati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sariati. 2014. Pengembangan Buku Bacaan Sesuai Karakteristik Anak TK Kelompok A di TK Pembina 2 Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Usep Kustiawan M.Sn (2) Muhammad Arafik S.Pd M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Buku bacaan Anak TK Kelompok A 12288 12288 12288 12288 12288 Pemilihan buku bacaan yang tepat sesuai dengan karakteristik anak merupakan salah satu yang harus mendapat perhatian khusus dari guru atau pendidik. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di TK Negeri Pembina 2 Malang guru menyatakan bahwa di sekolah hanya terdapat buku cerita dan gambar-gambar yang hanya digunakan pada saat pembelajaran bahasa saja. Buku bacaan sesuai karakteristik anak TK kelompok A merupakan suatu buku yang mengembangkan aspek bahasa dan kognitif anak. 12288 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian dan pengembangan buku bacaan adalah untuk mengembangkan buku bacaan yang sesuai dengan karakteristik anak Taman Kanak-kanak (TK) kelompok A yang diharapkan dapat memperkaya penyediaan buku bacaan meningkatkan minat anak untuk membaca buku mengarjakan anak membaca awal (belajar mengenal huruf dan angka) dan menghitung dengan cara yang menyenangkan dan belajar mengenal kata 12288 12288 12288 12288 12288 Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Borg and Gall. Prosedur pengembangan buku bacaan ini adalah (1) Melakukan penelitian dan pengumpulan informasi (2) Melakukan perencanaan berupa penyusunan rancangan produk selanjutnya dievaluasi oleh para ahli (3) Mengembangkan bentuk produk awal berupa buku bacaan (4) Melakukan uji coba kelompok kecil terhadap 8 subjek (5) Melakukan revisi terhadap produk awal buku bacaan berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil (6) Melakukan uji lapangan utama pada 32 subjek (7) Melakukan revisi produk. Instrumen yang digunakan adalah berupa kuesioner yang digunakan untuk penilaian tentang rancangan produk yang akan diuji dokumentasi digunakan untuk foto penelitian sedangkan pengamatan dan wawancara dilakukan untuk memperoleh data untuk analisis kebutuhan awal. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah produk buku bacaan dengan kriteria keberhasilan yaitu (1) 100 % buku bacaan menarik (2) 94.8% buku bacaan efektif digunakan oleh anak (3) 94.8% buku bacaan berfungsi bagi anak. Berdasarkan hasil analisis data tersebut disimpulkan buku bacaan sesuai dengan karakteristik anak TK kelompok A adalah menarik efektif berfungsi dan dapat digunakan oleh anak. 12288 12288 12288 12288 12288 Saran-saran hasil penelitian dan pengembangan ini dapat ditingkatkan kesulitan sesuai tingkat perkembangan anak dapat didesain kembali untuk kelompok usia yang lebih tinggi dengan tingkat kesulitan disesuaikan dengan usia serta dapat disosialisasikan di sekolah lain sesuai dengan materi pembelajaran yang disajikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8165

Actions (login required)

View Item View Item