Pengembangan permainan sirkuit keseimbangan untuk pembelajaran fisik motorik anak kelompok B TK Al-Hidayah Sawentar II Kec. Kanigoro Kab. Blitar / Imroatus Sholihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan sirkuit keseimbangan untuk pembelajaran fisik motorik anak kelompok B TK Al-Hidayah Sawentar II Kec. Kanigoro Kab. Blitar / Imroatus Sholihah

Sholihah, Imroatus (2012) Pengembangan permainan sirkuit keseimbangan untuk pembelajaran fisik motorik anak kelompok B TK Al-Hidayah Sawentar II Kec. Kanigoro Kab. Blitar / Imroatus Sholihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Permainan Sirkuit Keseimbangan Fisik Motorik Berdasarkan hasil penelitian melalui observasi terhadap anak kelompok B di TK Al-Hidayah Sawentar II Kanigoro Blitar pembelajaran fisik motorik melalui permainan sirkuit keseimbangan dengan menggunakan berbagai media belum pernah dilaksanakan dan merasa perlu untuk dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan permainan sirkuit keseimbangan yang diharapkan mudah untuk dilakukan menyenangkan dan aman bagi anak. Selain itu juga dapat menngembangkan kemampuan bahasa kognitif sosial emosional dan kemandirian dan nilai moral agama. Prosedur pengembangan permainan sirkuit keseimbangan adalah 1) Melakukan penelitian dan pengumpulan informasi 2) Melakukan perencanaan selanjutnya dievaluasi oleh para ahli 3) Mengembangkan bentuk produk awal 4) Melakukan uji coba kelompok kecil dengan 8 subjek 5) Melakukan revisi terhadap produk awal 6) Melakukan uji lapangan utama dengan 28 subjek 7) Melakukan revisi produk. Intrumen yang digunakan adalah berupa kuesioner berisi tentang rancangan produk dan produk yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase. Berdasarkan hasil analisis data uji lapangan kelompok besar diperoleh persentase yaitu (1) 88 4% anak mudah melakukan permainan (2) 95 5% anak senang melakukan permainan sirkuit keseimbangan (3) 96 9% anak aman melakukan permainan sirkuit keseimbangan maka produk ini tanpa adanya revisi lagi sehingga menjadi produk akhir yang dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang menarik bagi anak dapat membuat anak aktif tidak membosankan dan senang dalam kegiatan pembelajaran fisik motorik di TK Al-Hidayah Sawentar II. Berdasarkan data hasil pengembangan permainan sirkuit keseimbangan maka dapat disimpulkan bahwa (1) permainan sirkuit keseimbangan mudah untuk dilakukan menyenangkan dan aman bagi anak (2) permainan ini mampu mengembangkan fisik motorik terutama keseimbangan anak. Diharapkan hasil pengembangan ini dapat diujicobakan kepada kelompok yang lebih luas dan dapat disosialisasikan kepada sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan yang terkait sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya. Selain hal tersebut karena penelitian ini hanya terbatas pada pengembangan produk diharapkan ada penelitian lanjutan untuk menguji tingkat keefektifan dari produk yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8163

Actions (login required)

View Item View Item