Analisis kesalahan penulisan kata dalam karangan narasi siswa kelas V Sd se-Gugus II kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Norma Restu Dewanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan penulisan kata dalam karangan narasi siswa kelas V Sd se-Gugus II kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Norma Restu Dewanti

Norma Restu (2018) Analisis kesalahan penulisan kata dalam karangan narasi siswa kelas V Sd se-Gugus II kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Norma Restu Dewanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewanti Norma Restu. 2018. Analisis Kesalahan Penulisan Kata dalam Karangan Narasi Siswa Kelas V SD Se-Gugus II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. MuhanaGipayana M.Pd. (II) Ni Luh Sakinah Nuraini S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Analisis Penulisan Kata Karangan Narasi Karangannarasimembahasperistiwaataukejadiandalamkehidupansehari-hari yang ditulismenjadisebuahceritasesuaidenganurutanwaktu yang terjadi sehinggapembacaseakan-akanmerasakankejadian yang diceritakan.Tetapi saatsiswa SD ditugaskanmengarang hasildarikarangantersebutterjadikesalahan.Kesalahan yang dimaksudyaknikesalahandalampenulisan kata. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesalahan penulisan kata dalam karangan narasisiswadikelas V SD se-gugus II KecamatanKedungkandang Kota Malang. Kesalahan penulisan kata yang diteliti dalam penelitian ini yakni (1) penulisan kata depan (2) penulisan kata dasar (3) penulisan bentuk ulang (4) penulisan gabungan kata (5) penulisan kata berimbuhan dan (6) penulisan kata penghubung. Penelitian ini menggunakan pendekatan dekripstif kualitatif. Populasi penelitian adalah siswakelas V SD Se-Gugus II KecamatanKedungkandang Kota Malang yang berjumlah 83 siswa. Data dikumpulkan menggunakan tes dan non tes. Tekniktesterdiridarilembarmengarangsiswadankuesioner.Teknik non testerdiridariwawancaradandokumentasi.Setelah datates terkumpul dilakukan penghitungan jumlah kesalahan masing-masing penulisan kata dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian 83 karangan terdapat 956butir kesalahan. Kesalahanpenulisan kata penghubungberjumlah 295 kata.Kesalahanpenulisan kata depanberjumlah 257 kata. Kesalahanpenulisan kata dasarberjumlah 224 kata.Kesalahanpenulisan kata berimbuhanberjumlah 101 kata.Kesalahanpenulisanbentukulangberjumlah 76 kata.Kesalahanpenulisangabungan kata berjumlah 3 kata.Kesulitan siswa dalam mengarang karangan narasi yakni siswa sulit menyampaikan ide mereka menjadi sebuah kata. Selain itu siswa merasa kesulitan dan belum paham dalam penggunaan penulisan kata. Saran untuk penelitian ini siswaseharusnyamempelajari penulisan kata dan melatih kemampuan mereka dalam menulis karangan. Guru sebaiknyamelatihkemampuan siswa dalam hal penulisan kata dan membiasakan siswa mengarang dengan metode yang menyenangkan.Hasilpenelitianinidapatdigunakanpembacadanpenelitilainsebagaibahanrujukanpenelitianselanjutnyadanmengetahuiaspekkesalahanpenulisan kata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 19 Dec 2022 02:22
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8160

Actions (login required)

View Item View Item