Penerapan perpaduan model pembelajaran group investigation dengan Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 4 Pasuruan / Nurul Lailia

Lailia, Nurul (2019) Penerapan perpaduan model pembelajaran group investigation dengan Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 4 Pasuruan / Nurul Lailia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Lailia, Nurul. 2015 . Penerapan Perpaduan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X-1 SMA Negeri 4 Pasuruan, Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Prih Hardinto, M. Si, (II) Dr. Agung Haryono, S.E, M.P, Ak. Kata Kunci: Group Investigation (GI) dan Problem Based Learning (PBL), Motivasi dan Hasil Belajar. Berdasarkan hasil wawancaradengan guru bidang studi ekonomi kelas X SMA Negeri 4 Pasuruan. Secara umum kelas yang cocok untuk dijadikan penelitian yaitu siswa kelas X-1 dikarenakan karakteristik siswa pasif dalam menerima pelajaran ekonomi. Selain itu metode yang dilakukan oleh guru kurang merangsang motivasi siswa untuk belajar ekonomi karena sebagian besar guru dikelas menggunakan metode ceramah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dipakai perpaduan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan Problem Based Learning(PBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama dua siklus,dimana setiap siklus melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 4 Pasuruan yang berjumlah 33 orang siswa dengan materi pendapatan nasional, inflasi dan indeks harga. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan tindakan guru, catatan lapangan, tes awal siklus, tes akhir siklus, dan wawancara. Analisis data yang dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan perpaduan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan Problem Based Learning (PBL) terbukti dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-1 SMA Negeri 4 Pasuruan.dalam aspek motivasi pada siklus I 54,21% atau dengan nilai angka C. Sedangkan pada siklus II aspek motivasi mencapai 71,38% atau dengan nilai angka B. Sedangkan dalam aspek hasil belajar siklus I hasil pre test adalah 9%, post test 42%. Sedangkan pada siklus II hasil pre test adalah 52%, post test 82%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan perpaduan model pembelajaran Group Investigation (GI) Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-1 SMA Negeri 4 Pasuruan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/81390

Actions (login required)

View Item View Item