Pengaruh keterampilan metakognitif dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan akuntansi dengan motivasi belajar sebagai variabel moderasi / Shevi Aisya Fitri Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh keterampilan metakognitif dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan akuntansi dengan motivasi belajar sebagai variabel moderasi / Shevi Aisya Fitri Rahayu

Rahayu, Shevi Aisya Fitri (2019) Pengaruh keterampilan metakognitif dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan akuntansi dengan motivasi belajar sebagai variabel moderasi / Shevi Aisya Fitri Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahayu Shevi Aisya Fitri. 2019. Pengaruh Keterampilan Metakognitif dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderasi. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Tuhardjo S.E. M.Si. Kata Kunci Keterampilan Metakognitif Kecerdasan Emosional Hasil Belajar Motivasi Belajar Mahasiswa memperoleh hasil belajar rendah karena adanya kesulitan dalam belajar. Faktor penyebab kesulitan belajar ini berasal dari dalam dirinya atau dari luar dirinya. Untuk menangani kesulitan belajar dalam diri mahasiswa dengan ketermapilan metakognitif untuk mengetahui bagaimana cara belajar yang sesuai dengan dirinya dan dengan kecerdasan emosional untuk mengendalikan emosi dalam dirinya dan dapat mengatur suasana hatinya. Motivasi belajar adalah salah satu faktor yang dapat mendukung kedua kemampuan tersebut karena dapat mendorong mahasiswa untuk belajar lebih giat dan rajin. Variabel independen penelitian ini adalah keterampilan metakognitif dan kecerdasan emosional. Variabel dependen penelitian ini adalah hasil belajar mahasiswa dan variabel moderasi penelitian ini adalah motivasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berjenis penelitian explanatory dan ex post facto. Jumlah populasi sebanyak 115 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan rumus slovin dan diperoleh sampel 89 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni Uji Asumsi Klasik Uji t dan Uji MRA (moderated regression analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama keterampilan metakognitif berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa sebesar 29 5% dan taraf signifikansi 0 000 0 05. Kedua motivasi belajar memperkuat hubungan antara keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar mahasiswa sebesar 52 6% dan taraf signifikansi 0 000 0 05. Ketiga kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa sebesar 42 5% dan taraf signifikansi 0 000 0 05. Keempat motivasi belajar memperkuat hubungan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar mahasiswa sebesar 51 3% dan taraf signifikansi0 002 0 05. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin tinggi keterampilan metakognitif dan semakin tinggi kecerdasan emosional mahasiswa maka hasil belajar mahasiswa baik dan motivasi belajar tinggi akan meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan keterampilan metakognitif tinggi dan kecerdasan emosionaltinggi. Saran peneliti (1) Mahasiswa harus meningkatkan dan mempertahankan motivasi belajarnya untuk mendukung keterampilan metakognitif dan kecerdasan emosional mahasiswa agar mendapatkan hasil belajar yang lebih baik. (2) Dosen harus memperhatikan proses pembelajaran didalam kelas untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan metakognitif mahasiswa. (3) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah atau memperbaiki pernyataan dalam penelitian ini dan dapat menambah teknik pengumpulan data.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/80116

Actions (login required)

View Item View Item