Sukma, Kusni Haris (2019) Faktor-faktor yang mempengaruhi retensi guru akuntansi di SMK pesisir Malang Selatan / Kusni Haris Sukma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Sukma Kusni Haris. 2019. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Retensi Guru Akuntansi di SMK Pesisir Malang Selatan. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Sulastri S.Pd. M.SA Kata Kunci guru profesional retensi guru strategi retensi guru Retensi Guru merupakan proses dimana seorang guru terdorong untuk tetap bersama organisasi atau sekolah. Guru profesional dibutuhkan untuk mewujudkan adanya pndidikan yang berkualitas. Tanpa adanya guru yang profesional pendidikan di suatu sekolah tidak akan berkembang. Seringkali guru profesional melakukan turnover atau perpindahan kerja. Hal ini menyebabkan sekolah kehilangan aset berharganya untuk kualitas pendidikan anak didik. masalah turnover sering kali terjadi di daerah pedesaan karena minimnya gaji yang diberikan tetapi hal ini tidak terjadi untuk guru di daerah pesisir Malang Selatan utamanya guru akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Pagak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi retensi guru di SMK Pesisir Malang Selatan khususnya retensi guru di SMK Muhammadiyah 2 Pagak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling dandiperoleh lima orang partisipan yang terdiri dari Wakil Kepala Sekolah Guru Akuntansi dan Guru Kewirausahaan. Partisipan ini dipilih karena mempunyai pengalaman mengajar yang lama yaitu lebih dari sepuluh tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SMK Muhammadiyah 2 Pagak mempunyai berbagai faktor untuk tetap bertahan di SMK ini. Faktor-faktor tersebut meliputi dukungan keluarga profesi guru yang santai sesuai dengan pengalaman tanggung jawab terhadap orang tua sayang dengan anak didik hubungan yang kekeluargaan keterpaksaan menikmati profesi guru menimba ilmu agama narimo ing pandum dan dihormati. Strategi yang sudah diterapkan oleh pihak sekolah dalam mengelola retensi guru dilakukan dengan mengadakan Kajian Al Islam dan pelatihan pengembangan kompetensi guru. Saran untuk pihak sekolah selain melakukan strategi tersebut juga dapat dilakukan dengan menerapkan strategi atau upaya yang tepat agar guru-guru tetap bertahan di SMK ini dan tidak melakukan perpindahan kerja (turnover). Saran untuk penelitian selanjutnya untuk lebih mengembangkan fokus dan memilih subyek penelitian yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/80115 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |