Academic stress ditinjau dari self efficacy dan dukungan teman sebaya. (studi pada siswa kelas XI Jurusan Akuntansi di SMKN 1 Sooko Mojokerto) / Melvi Citra Adistya

Adistya, Melvi Citra (2019) Academic stress ditinjau dari self efficacy dan dukungan teman sebaya. (studi pada siswa kelas XI Jurusan Akuntansi di SMKN 1 Sooko Mojokerto) / Melvi Citra Adistya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adistya, MC. 2019. Academic Stress Ditinjau dari Self Efficacy, dan Dukungan Teman Sebaya. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sriyani Mentari, S.Pd, M.M. Kata kunci: academic stress, self efficacy,, dukungan teman sebaya Academic stress dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal yaitu self efficacy, dan dukungan teman sebaya. Academic stress identik dengan kemampuan individu dalam mengatasi situasi stres. Self efficacy ialah keyakinan individu mengenai kemampuan dirinya untuk mencapi hasil tertentu. Dukungan teman sebaya ialah bentuk dukungan berupa motivasi, jasa, dan waktu dalam lingkungan sekolah. Penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis: (1) pengaruh self efficacy terhadap academic stress, (2) pengaruh dukungan teman sebaya terhadap academic stress Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi sebanyak 93 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah propotional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 75 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa self efficacy dan dukungan teman sebaya berpengaruh negatif dan signifikan terhadap academic stress. Saran peneliti: (1) Bagi siswa dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki dengan mrmiliki self efficacy dan dukungan teman sebaya yang tinggi selama proses pembelajaran sebagai tantangan untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan agar terhindar dari academic stress (2 ) Bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan pernyataan-pernyataan dalam angket sehingga dapat lebih menjelaskan academic stress pada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/80114

Actions (login required)

View Item View Item