Peran program sertifikasi guru guna meningkatkan kualitas guru akuntansi SMK Negeri 2 Blitar dilihat dari kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional / Rizqi Dwi Saputri

Saputri, Rizqi Dwi (2020) Peran program sertifikasi guru guna meningkatkan kualitas guru akuntansi SMK Negeri 2 Blitar dilihat dari kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional / Rizqi Dwi Saputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saputri, Rizqi Dwi. 2019. Peran Program Sertifikasi Guru Guna Meningkatkan Kualitas Guru Akuntansi SMK Negeri 2 Blitar Dilihat dari Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak. Kata Kunci: Sertifikasi Guru, Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional, Kualitas Guru Sertifikasi guru merupakan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan kualitas guru sebagai tenaga pendidik profesional. Dengan meningkatnya kualitas guru akan meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Penelitian ini berfokus pada peningkatan kualitas guru terutama pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional setelah mengikuti sertifikasi, serta faktor yang dapat mempengaruhi kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi yang dilakukan di SMKN 2 Blitar. Sumber data diperoleh dari wawancara, dokumentasi dan observasi terhadap guru akuntansi yang telah mengikuti program sertifikasi sebagai informan utama, kepala sekolah serta wakil kepala sekolah bidang kurikulum sebagai informan pendukung. Hasil penelitian menunjukkan: (1) guru senior lebih unggul dalam kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional karena guru senior lebih aktif mengikuti kegiatan pengembangan dan pelatihan, terbukti salah satunya dari pembuatan RPP yaitu tujuan pembelajaran terdapat perbedaan yaitu guru senior mencakup empat komponen yaitu Audience, Behavior, Condition, dan Degree, sedangkan guru junior mencakup tiga komponen dengan tidak menyertakan komponen Degree. Dalam hal membuat cakupan materi evaluasi guru senior lebih unggul karena tingkat soal yang beragam, sedangkan untuk guru junior hanya mencakup soal C1 hingga C3; (2) Faktor yang mempengaruhi kinerja guru akuntansi tidak bisa dipisahkan dari motivasi awal guru. Guru junior awalnya tidak ingin menjadi guru namun memutuskan untuk memilih profesi guru karena ketidaksengajaan diterima di institut keguruan, sedangkan guru senior karena ingin membagi ilmunya. Target minimal yang ditentukan kepala sekolah untuk mengikuti kegiatan pengembangan juga mempengaruhi kinerja guru. Dengan demikian, guru senior perlu mempertahankan semangatnya dan memotivasi guru junior mengikuti kegiatan pengembangan. Guru junior diharapkan lebih memahami tugas dan tanggung jawabnya serta tidak sungkan bertanya kepada seniornya. Untuk kepala sekolah hendak menetapkan target jumlah minimal keikutsertaan guru dalam kegiatan pengembangan dan sejenisnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/80113

Actions (login required)

View Item View Item