Pengaruh faktor tekanan akademik, kesempatan berbuat curang, dan rasionalisasi atas sebuah tindak kecurangan terhadap tindakan tidak terpuji siswa Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung / Vicky Mariyanto

Mariyanto, Vicky (2020) Pengaruh faktor tekanan akademik, kesempatan berbuat curang, dan rasionalisasi atas sebuah tindak kecurangan terhadap tindakan tidak terpuji siswa Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung / Vicky Mariyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mariyanto, Vicky. 2019. Pengaruh Faktor Tekanan Akademik, Kesempatan Berbuat Curang, dan Rasionalisasi atas Sebuah Tindak Kecurangan terhadap Tindakan Tidak Terpuji Siswa Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak. Kata kunci: Tekanan Akademik, Kesempatan Berbuat Curang, Rasionalisasi atas Sebuah Tindak Kecurangan, Tindakan tidak Terpuji. Tindakan tidak terpuji dalam pembelajaran adalah perilaku tidak etis dan mengabaikan nilai kejujuran serta melakukan pelanggaran terhadap aturan yang berlaku yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dalam hal memperoleh keberhasilan akademik. Kecurangan akademik sendiri biasanya muncul karena beberapa faktor, diantaranya adalah tekanan akademik, adanya kesempatan untuk berbuat curang, dan adanya sebuah rasionalisasi sebagai pembenaran atas tindak kecurangan yang dilakukan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh tekanan akademik terhadap tindakan tidak terpuji; 2) pengaruh kesempatan berbuat curang terhadap tindakan tidak terpuji; 3) pengaruh Rasionalisasi Menyontek terhadap Tindakan Tidak Terpuji Siswa Akuntansi SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi dan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung sebanyak 139 siswa dan sampelnya sebanyak 103 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Jenis analisis data penelitian ini adalah analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara tekanan akademik terhadap tindakan tidak terpuji; 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kesempatan berbuat curang terhadap tindakan tidak terpuji; 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara rasionalisasi atas sebuah tindak kecurangan terhadap tindakan tidak terpuji siswa kelas X akuntansi SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/80112

Actions (login required)

View Item View Item