Analisis literasi keuangan dan kebiasaan belajar mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang / Rufaidah Izzatun Nuha

Nuha, Rufaidah Izzatun (2020) Analisis literasi keuangan dan kebiasaan belajar mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang / Rufaidah Izzatun Nuha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nuha, Rufaidah Izzatun. 2020. Analisis Literasi Keuangan dan Kebiasaan Belajar Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sriyani Mentari S.Pd, M.M Kata Kunci : literasi keuangan, kebiasaan belajar, beasiswa, mahasiswa bidikmisi Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional pada tahun 2010 meluncurkan program bantuan biaya pendidikan Bidikmisi yakni berupa bantuan biaya penyelengaraan pendidikan dan bantuan biaya hidup yang diperuntukkan bagi mahasiswa dengan prestasi baik namun memiliki keterbatasan ekonomi. Mahasiswa bidikmisi penerima sebesar Rp 4.200.000 per semester guna kebutuhan selama studi namun dengan ketentuan tidak melanggar batas indeks prestasi yang ditentukan universitas yakni 2.75. Dalam mengelola dana yang diterima dibutuhkan literasi keuangan yakni pengetahuan, sikap dan keterampilan guna pengambilan keputusan untuk tercapainya kesejahteraan. Prestasi mahasiswa yang diawasi oleh pihak universitas juga perlu menjadi pacuan bagi mahasiswa untuk tidak lengah dalam belajar sehingga perlu adanya kebiasaan belajar yang baik pada mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui literasi keuangan yang dimiliki mahasiswa penerima bidikmisi dalam mengelola dana yang telah diterima, 2) untuk mengetahui kebiasaan belajar yang dimiliki mahasiswa penerima bidikmisi dalam memenuhi prestasi yang ditentukan. Penelitiann ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling yang didasari dengan pertimbangan tertentu sebanyak 9 informan mahasiswa bidikmisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari penelitian diperoleh hasil : 1)Literasi keuangan tinggi dimiliki mahasiswa dengan keterbatasan sumber keuangan, sedangkan mahasiswa dengan variasi sumber keuangan menunjukkan literasi keuangan yang lebih rendah dalam mengambilan keputusan keuangan selama masa studi, 2) Mahasiswa telah memiliki kebiasaan belajar yang baik, namun motivasi berprestasi mahasiswa masih rendah. Dari hasil yang diperoleh, peneliti menyarankan pengetahuan mengenai keuangan selama perkuliahan sebaiknya tidak hanya mempengaruhi aspek kognitif saja namun juga sikap mahasiswa, perlunya meningkatkan kualitas pembelajaran yang menuntut mahasiswa untuk memiliki kebiasaan belajar yang, pihak universitas perlu mendorong mahasiswa auntuk lebih berprestasi dan penelitian selanjutnya hendaknya mampu mengupas lebih dalam mengenai perilaku mahasiswa bidikmisi dengan sudut pandang yang lebih beragam seperti pengaruh sosial media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/80111

Actions (login required)

View Item View Item