Perilaku kecurangan akademik siswa Akuntansi SMK Islam Batu / Dian Ratnasari Purwaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Perilaku kecurangan akademik siswa Akuntansi SMK Islam Batu / Dian Ratnasari Purwaningrum

Purwaningrum, Dian Ratnasari (2019) Perilaku kecurangan akademik siswa Akuntansi SMK Islam Batu / Dian Ratnasari Purwaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Purwaningrum Dian Ratnasari. 2019. Perilaku Kecurangan Akademik Siswa Akuntansi SMK Islam Batu. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dudung Ma ruf Nuris S.Pd. M.Pd Kata Kunci Kecurangan akademik Siswa akuntansi SMK Islam Batu Perilaku kecurangan akademik merupakan perilaku tidak jujur yang dilakukan siswa dengan maksud untuk mendapatkan keuntungan dalam menyelesaikan tugas maupun ujian. Perilaku kecurangan akademik dilatarbelakangi faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri dan faktor dari lingkungannya. Fokus penelitian ini adalah untuk mengungkap perilaku kecurangan akademik siswa dilihat dari sudut pandang informan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) bentuk perilaku kecurangan akademik yang dilakukan siswa (2) faktor yang melatarbelakangi siswa melakukan perilaku kecurangan akademik (3) upaya yang dilakukan untuk menanggulangi perilaku kecurangan akademik. Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilakukan pada siswa jurusan akuntansi di SMK Islam Batu. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode wawancara tidak terstruktur serta observasi. Instrumen dalam pengumpulan data adalah peneliti sendiri. Informan dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling atau orang yang mengetahui dan memahami mengenai perilaku kecurangan akademik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan empat tahapan (1) pengumpulan data (2) reduksi data (3) penyajian data (4) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dilapangan menunjukan bahwa terdapat bentuk perilaku kecurangan akademik yang sering dilakukan dalam mengerjakan tugas oleh siswa yakni menyalin tugas teman dan menunda waktu pengumpulan tugas sedangkan perilaku kecurangan akademik yang sering dilakukan siswa pada saat ujian adalah bertanya kepada teman membawa dan membuka catatan kecil serta membawa dan membuka handphone. Terdapat empat faktor yang melatarbelakangi siswa melakukan perilaku kecurangan akademik yaitu dikarenakan perilaku teman sebaya lingkungan ujian rendahnya self efficacy dan prokrastinasi akademik. Upaya yang dilakukan guru untuk menanggulangi perilaku kecurangan akademik adalah dengan pemberian sanksi terdapat empat sanksi yang sering diberikan kepada siswa yang melakukan perilaku kecurangan akademik (1) menggandakan jawaban (2) memberikan potongan nilai (3) melaksanakan ujian ulang (4) menyita handphone siswa. Selain itu upaya untuk menanggulangi perilaku kecurangan akademik yang dilakukan oleh guru adalah dengan memberikan motivasi kepada siswa serta melakukan pendekatan kepada siswa yang melakukan perilaku kecurangan akademik dengan memberikan bimbingan konseling agar siswa tidak melakukan perilaku kecurangan akademik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/80110

Actions (login required)

View Item View Item