Penerapan model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran akuntansi dasar dalam pembentukan pendidikan karakter / Mustika Andriana

Andriana, Mustika (2019) Penerapan model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran akuntansi dasar dalam pembentukan pendidikan karakter / Mustika Andriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Andriana, Mustika. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar dalam Pembentukan Pendidikan Karakter. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sulastri, S.Pd, M.SA Kata Kunci: project based learning, pembentukan pedidikan karakter Pembelajaran di kelas sering kali menemui berbagai masalah. Untuk itu, perlu adanya tindakan mengatasi masalah tersebut melalui penelitian tindakan kelas. Masalah juga terjadi pada kelas X AK dimana motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran masih rendah. Untuk itu, dilakukan penelitian tindakan kelas di XAK dengan menerapkan Project Based Learning dan untuk mengintegrasikan pendidikan karakter dalam mata pelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen pada semester Genap Tahun Pelajaran 2018-2019, pelaksanaan penelitian terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan pada masing-masing siklus, tiap akhir siklus dilaksanakan kegiatan releksi untuk perbaikan pelaksanaan pembelajaran di siklus selanjutnya. Data penelitian berupa dara kuantitatif yang dikumpulkan dengan teknik tes, observasi, self assesment dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini dapat diperoleh dua kesimpulan. Pertama penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada materi penyusunan laporan keuangan terdapat peningkatan motivasi belajar akuntansi dengan peningkatan motivasi belajar 70% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II, Kedua dengan model pembelajaran Project Based Learning dan pengintegrasian pendidikan karakter dapat meningkatkan hasil belajar afektif dan pembentukan karakter baik dengan prosentase meningkat dari 70% pada siklus I menjadi 84% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, guru disarankan beberapa hal antara lain (1) mematangkan konsep Project Based Learning agar motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan, (2) mengikuti seminar yang berkaitan dengan pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam pembelajaran. sedangkan untuk penelitian selanjutnya disarankan agar memperhatikan semua siswa, tidak hanya siswa yang berkemampuan tinggi atau yang berkemampuan rendah agar seluruh siswa dalam kelas dapat belajar dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/80109

Actions (login required)

View Item View Item