Pemanfaatan Information and Communication Technology (ICT) pada pembelajaran akuntansi di SMK / Nur Farikhatul Mauludiyah

Mauludiyah, Nur Farikhatul (2019) Pemanfaatan Information and Communication Technology (ICT) pada pembelajaran akuntansi di SMK / Nur Farikhatul Mauludiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mauludiyah, Nur Farikhatul. 2019. Pemanfaatan Information and Communication Technology (ICT) pada Pembelajaran Akuntansi di SMK. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Endang Sri Andayani, S.E., M.Si., Ak. Kata Kunci: Information and Communication Technology (ICT), pembelajaran akuntansi Information and Communication Technology (ICT) adalah alat yang digunakan untuk memudahkan komunikasi dan transfer informasi kepada orang lain. Pemanfaatan Information and Communication Technology (ICT) dalam pembelajaran meliputi empat aspek yakni, pemanfaatan ICT untuk bahan ajar, pemanfaatan ICT untuk media pembelajaran, pemanfaatan ICT untuk proses pembelajaran, dan pemanfaatan ICT untuk evaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan Information and Communication Technology (ICT) pada pembelajaran akuntansi oleh guru di SMK di Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif Deskriptif. Penelitian kuantitatif deskriptif adalah metode penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan fenomena yang ada dengan menggunakan ukuran, jumlah, maupun frekuensi. Untuk memperkuat hasil analisis kuantitatif deskriptif peneliti melakukan pendalaman informasi kepada guru akuntansi. Subjek penelitian kuantitatif terdiri dari 30 guru akuntansi dan 80 siswa jurusan akuntansi, sedangkan subjek penelitian untuk wawancara terdiri dari dua guru produktif akuntansi yang telah memenuhi kriteria tertentu. Hasil Penelitian adalah sebagai berikut: 1) bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran adalah Hard Copy berupa buku cetak dan Soft Copy berupa E-Book. ICT yang dimanfaatkan dalam pembuatan bahan ajar yaitu Microsoft Word dan Microsoft Excel, 2) ICT yang dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yaitu Microsoft Powerpoint, 3) ICT yang dimanfaatkan dalam proses pembelajaran yaitu Edmodo, dan 4) ICT yang dimanfaatkan untuk pengumpulan tugas yaitu WhatsApp, kemudian ICT yang dimanfaatkan untuk Ulangan Harian yaitu Edmodo, dan ICT yang dimanfaatkan untuk Ujian Akhir Semester yaitu Aplikasi Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/80108

Actions (login required)

View Item View Item