Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dari perspektif gender / Zakiyah Ilmi Darajah

Darajah, Zakiyah Ilmi (2020) Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dari perspektif gender / Zakiyah Ilmi Darajah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Darajah, Zakiyah. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dari Prespektif Gender. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Bambang Sugeng S.E., M.A., M.M. Ak Kata Kunci : problem based learning, kemampuan berpikir tingkat tinggi, gender Model pembelajaran problem based learning menjadi salah satu alternative pembelajaran yang dapat menumbuhkan dan melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Model pembelajaran ini melatih siswa untuk terbiasa memecahkan sebuah permasalahan dunia nyata dimana permasalahan tersebut merupakan masalah yang abstrak dan belum pernah dipelajari oleh siswa. Dengan masalah tersebut siswa belajar untuk mengkritisi, mengevaluasi, dan menciptakan solusi dari masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dilihat dari prespektif gender. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan nonrandomized control group pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Bondowoso. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XII IPS 1 sebanyak 20 siswa yang dipilih sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPS 2 sebanyak 20 siswa dipilih sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata gain skore kemampuan berpikir tingkat tinggi antara yang kelas diterapkan menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan model konvensional yang diuji dengan Uji T- Independent. Kelas menggunakan model pembelajaran problem based learning memiliki kemampuan berpikir lebih tinggi daripada kelas yang diterapkan dengan model konvensional. Uji T-Independent juga digunakan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi antara siswa laki-laki dan perempuan yang diterapkan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Hal ini ditunjukkan dengan perbedaan rata-rata gainscore antara siswa perempuan dan siswa laki-laki. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran problem based learning dapat mempengaruhi kemampuan berpikir tingkat tinggi . Selain itu, dalam penerapan model pembelajaran di kelas, guru hendaknya memperhatikan faktor gender karena gender dapat mempengaruhi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan penggunaan model pembelajaran problem based learning sebagai alternatif model pembelajaran selain model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran ini dapat menumbuhkembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/80107

Actions (login required)

View Item View Item