Pengaruh persepsi tentang profesi guru, lingkungan keluarga & adversity quotient terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi angkatan 206 FE UM / Taritsa Rizqi Awalia

Awalia, Taritsa Rizqi (2020) Pengaruh persepsi tentang profesi guru, lingkungan keluarga & adversity quotient terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi angkatan 206 FE UM / Taritsa Rizqi Awalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Awalia, Taritsa Rizqi. 2020. Pengaruh Persepsi tentang Profesi Guru, Lingkungan Keluarga dan Adversity Quotient terhadap Minat menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2016 FE UM. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Endang Sri Andayani, SE, M.Si., Ak Kata kunci: Persepsi tentang Profesi Guru, Lingkungan Keluarga, Adversity Quotient, Minat menjadi Guru. Pendidikan mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia karena pendidikan dapat membentuk karakter sumber daya manusia dalam suatu masyarakat untuk bekal dimasa depan sebagai upaya mewujudkan pembangunan nasional. Tujuan penelitian: 1) pengaruh persepsi tentang profesi guru terhadap minat menjadi guru, 2) pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru, 3) pengaruh adversity quotient terhadap minat menjadi guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksplanasi dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah persepsi tentang profesi guru (X1), lingkungan keluarga (X3), dan adversity quotient (X3) dengan variabel terikat adalah minat menjadi guru (Y). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2016 yang berjumlah 145 mahasiswa dengan sampel 106 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling. Skala yang digunakan adalah skala likert dengan 5 opsi jawaban. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Uji kelayakan instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif terdapat 3 uji asumsi klasik yang digunakan, yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil uji hipotesis/uji t menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif signifikan antara variabel persepsi tentang profesi guru terhadap minat menjadi guru, 2) terdapat pengaruh positif signifikan antara variabel lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru, 3) terdapat pengaruh positif signifikan antara variabel adversity quotient terhadap minat menjadi guru. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan bagi peneliti selanjutnya untuk memperluas responden penelitian dan memperhatikan variabel lain yang turut mempengaruhi minat mahasiswa menjadi guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/80105

Actions (login required)

View Item View Item