Analisis prokrastinasi akademik pada mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang / Rochmana Jaka Permadi

Permadi, Rochmana Jaka (2020) Analisis prokrastinasi akademik pada mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang / Rochmana Jaka Permadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Permadi, Rochmana Jaka. 2019. Analisis Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dudung Ma’ruf Nuris, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: Prokrastinasi Akademik, Faktor Internal, Faktor Eksternal. Prokrastinasi akademik merupakan salah satu permasalahan akademik yang dapat terjadi di dalam dunia perkuliahan. Penyebab mahasiswa melakukan prokrastinasi sangatlah beragam dan perilaku prokrastinasi yang dilakukan mahasiswa akan berhubungan dengan prestasi akademiknya. Hasil observasi dan wawancara awal peneliti menemukan bahwa sebagian besar mahasiswa melakukan penundaan dalam mengerjakan tugas-tugas perkuliahan dikarenakan terdapat aktivitas lain yang dianggap lebih menyenangkan. Dengan demikian, peneliti akan melakukan analisis faktor-faktor apa saja yang menyebabkan mahasiswa melakukan prokrastinasi akademik. Fokus penelitian untuk mengetahui bagaimana bentuk prokrastinasi akademik pada mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik pada mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi angkatan 2016 dan 2017. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan triangulasi data dengan dengan narasumber teman sebaya mahasiswa angkatan 2016 dan mahasiswa angkatan 2017. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan jenis analisis data Interaktif dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, faktor penyebab prokrastinasi akademik pada mahasiswa meliputi faktor internal yaitu sifat malas dan santai, kelelahan yang disebabkan kegiatan di luar perkuliahan, keprcayaan diri yang menurun serta perasaan mudah menyerah. Faktor eksternal penyebab prokrastinasi akademik mahasiswa meliputi pengaruh teman sebaya, lingkungan tempat tinggal dan pola asuh orang tua terhadap perilaku menunda. Saran peneliti untuk penelitian selanjutnya yakni dapat menetapkan sampel penelitian yang lebih sedikit yaitu terdiri dari dua hingga tiga informan kunci, sehingga data yang didapatkan lebih mendalam mengenai faktor penyebab prokrastinasi akademik serta diharapkan bisa lebih mengevaluasi pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam pedoman wawancara sehingga dapat menggambarkan permasalahan dengan tepat yang dapat berfungsi untuk memudahkan informan dalam menjawab pertanyaan wawancara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/80104

Actions (login required)

View Item View Item