Perbedaan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan tingkat berpikir kritis pada mata pelajaran akuntansi keuangan di SMKN 2 kediri / Sefi Rijal Pamungkas

Pamungkas, Sefi Rijal (2020) Perbedaan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan tingkat berpikir kritis pada mata pelajaran akuntansi keuangan di SMKN 2 kediri / Sefi Rijal Pamungkas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pamungkas, Sefi Rijal. 2019. Efektivitas Metode Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Tingkat Berpikir Kritis pada Mata pelajaran Akuntansi Keuangan di SMKN 2 Kediri. Skripsi. Jurusan Akutansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Suparti, M.P. Kata Kunci : Problem Based Learning, Berpikir Kritis, dan Siswa SMK Negeri Hampir seluruh sekolah di Indonesia telah menerapkan Kurikulum 2013, tetapi masih ada sekolah yang masih belum menerapkan model-model pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Hal ini terjadi karena masih ada sekolah yang masih baru dan kurang memahami tentang Kurikulum 2013. Banyak guru masih menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru dan terkesan monoton. Peneliti mengobservasi di SMKN 2 Kediri menunjukkan bahwa masih ada guru yang menggunakan pembelajaran dengan metode ceramah menjadikan siswa masih belum memahami materi pembelajaran dengan menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas metode Problem Based Learning dalam meningkatkan tingkat berpikir kritis pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan di SMKN 2 Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimental dan menggunakan desain penelitian pretest posttest group design. Populasi pada penelitian ini adalah Siswa kelas XI SMKN 2 Kediri sebanyak 177 mahasiswa yang dibagi dalam 5 kelas. Objek dalam penelitian ini terdiri dari satu kelas eksperimen yaitu XI Akuntansi 2 dan satu kelas kontrol yaitu XI Akuntansi 3. Pengambilan sampel dilakukan secara pertimbangan kemampuan rata-rata kelas hampir sama. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik independent sampel T-test dan dioalah dengan bantuan program SPSS 22.0. Hasil pada penelitian ini mendukung hipotesis yang telah dirumuskan bahwa Ha ada pengaruh peningkatan lebih tingginya skor berpikir kritis siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Siswa kelas eksperimen juga lebih aktif dalam pembelajaran karena siswa dituntut untuk berani mengemukakan pertanyaan dan pendapat. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh peningkatan nilai antara model pembelajaran problem based learning terhadap peningkatan berpikir kritis siswa. Problem based learning dapat meningkatkan sifat berpikir kritis siswa karena siswa diharuskan menemukan pemecahan masalahnya sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/80103

Actions (login required)

View Item View Item