Penerapan model pembelajaran time token arends untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Nurwidya Restu Putriyani

Putriyani, Nurwidya Restu (2020) Penerapan model pembelajaran time token arends untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Nurwidya Restu Putriyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putriyani, Nurwidya Restu. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Time Token Arends Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi Di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sunaryanto, M.Ed Kata kunci: Model Pembelajaran Time Token Arends, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar. Hasil observasi awal yang telah dilakukan di kelas X Akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Malang menunjukan bahwa masih banyak siswa yang mendapat nilai ulangan harian di bawah KKM akibat selama proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Oleh karena itu, diperlukan sebuah model pembelajaran yang memberdayakan potensi yang dimiliki siswa sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan pada akhirnya hasil belajar siswa juga yang meningkat. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi dalam penerapan model pembelajaran Time Token Arends. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau PTK. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Malang yang berjumlah 17 siswa. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus yang terdiri dari menyusun rancangan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Time Token Arends dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa disetiap siklusnya mengalami kenaikan yang signifikan. Oleh karena itu, disarankan pelaksanaan model pembelajaran Time Token Arends menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, karena memberikan ketergantungan positif antara satu siswa dan siswa lainnya dengan adanya interaksi diantara siswa untuk saling membantu dalam menguasai materi guna mencapai hasil belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/80100

Actions (login required)

View Item View Item