Pengaruh motivasi belajar dan self efficacy terhadap hasil belajar siswa akuntansi dengan kepribadian proaktif sebagai variabel moderating / Mar'atus Sholihah Wahyuliati

Wahyuliati, Mar'atus Sholihah (2020) Pengaruh motivasi belajar dan self efficacy terhadap hasil belajar siswa akuntansi dengan kepribadian proaktif sebagai variabel moderating / Mar'atus Sholihah Wahyuliati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuliati, Mar’atus Sholihah. 2019. Pengaruh Motivasi Belajar dan Self Efficacy terhadap hasil Belajar Siswa Akuntansi dengan Kepribadian Proaktif sebagai Variabel Moderating. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak. Kata kunci: Motivasi Belajar, Self Efficacy, Kepribadian Proaktif, dan Hasil Belajar Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar adalah motivasi belajar. Motivasi belajar membantu siswa menumbuhkan perasaan senang dan semangat untuk belajar. Faktor internal lain yang mempengaruhi hasil belajar adalah self efficacy. Seseorang yang memiliki self efficacy tinggiakan berusaha dan bertahan secara intensif ketika menghadapi kesulitan.Kepribadian proaktif juga merupakan faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar. Seseorang yang mempunnyai kepribadian proaktif terlibat aktif dalam menunjukkan inisiatif, mengidentifikasi kesempatan dan bertindak memanfaatkan kesempatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaraan Akuntansi; Kepribadian Proaktif dapat Memperkuat Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata pelajaran Akuntansi; Pengaruh Self Efficacy terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi; Kepribadian Proaktif dapat Memperkuat Pengaruh Self Efficacy terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Explanation Research. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMKN 1 Sooko Mojokerto sebanyak 102 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan moderated regression analysis. Pada MRA persamaan 1 untuk hipotesis 1 dan 3, dan persamaan 2 dan 3 untuk hipotesis 2 dan 4. Hasil penelitian: (1) Ada Pengaruh Positif antara Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi; (2) Kepribadian Proaktif Memperkuat Pengaruh Positif antara Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi; (3) Ada Pengaruh Positif antara Self Efficacy terhadap Hasil belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi; (4) Kepribadian Proaktif Memperkuat Pengaruh Positif antara Self Efficacy terhadap Hasil belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/80099

Actions (login required)

View Item View Item