Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar akuntansi (studi kasus pada siswa akuntansi SMKN 2 Blitar) / Cici Nirmawanti

Nirmawanti, Cici (2020) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar akuntansi (studi kasus pada siswa akuntansi SMKN 2 Blitar) / Cici Nirmawanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nirmawanti, Cici. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Akuntansi (Studi kasus pada siswa akuntansi SMKN 2 Blitar). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E., M.A., M.M., Ak. Kata Kunci : Model pembelajaran inkuiri, hasil belajar, HOTS. Pembelajaran inkuiri merupakan salah satu proses pembelajaran sesuai kurikulum 2013 yang menekankan pada proses mencari dan menemukan, dimana peran peserta didik yatu sebagai subjek yang mencari dan menemukan sendiri materi pelajaran untuk mencapai hasil belajar. Penilaian hasil belajar diharapkan dapat membantu peserta didik meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill/HOTS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar akuntansi SMKN 2 Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu (quasi experimental) dengan desain nonequivalent pretest posttest control group design. Subjek penelitian melibatkan peserta didik kelas XII Akuntansi SMKN 2 Blitar semester gasal 2019/2020 dengan total 122 peserta didik, sampel penelitian terdapat dua kelompok kelas yaitu kelas XII AK 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XII AK 3 sebagai kelompok kontrol dengan total 60 peserta didik. Hasil belajar peserta didik diukur dari hasil pretest dan posttest soal pilihan ganda dan soal essay. Analisis data menggunakan uji prasyarat : uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian dilanjutkan uji hipotesis dengan uji independent samples test pada program IBM SPSS Statistic25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar aspek HOTS pada peserta didik akuntansi. Rata-rata hasil belajar signifikan kelas eksperimen dari 73.87 menjadi 89.03, sedangkan kelas kontrol dari 70.43 menjadi 80.50. Dengan hasil analisis : uji normalitas Gain Score dengan Shapiro Wilk > 0.05; uji homogenitas Gain Score dengan Levene’s Test adalah sebesar 0.090 > 0.05; dan uji hipotesis hasil belajar dengan nilai Sig. (2&#8722;tailed) sebesar 0.000 < 0.05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/80098

Actions (login required)

View Item View Item