Analisis kesulitan belajar siswa di SMK Negeri 12 Malang / Arisiya Ayu Amanda

Amanda, Arisiya Ayu (2020) Analisis kesulitan belajar siswa di SMK Negeri 12 Malang / Arisiya Ayu Amanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amanda, Arisiya Ayu. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Siswa di SMK NEGERI 12 Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr.Suparti, M.P Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Faktor Internal, Faktor Eksternal Salah satu masalah yang sering terjadi pada siswa adalah kesulitan belajar. Kesulitan belajar merupakan suatu kondisi dimana siswa mengalami gangguan dalam belajar. Setiap siswa memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Penyebab kesulitan belajar tersebut disebabkan karena faktor internal dan eksternal. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 12 Malang dengan menggunakan 2 informan kunci yaitu siswa X dan siswa Y. Peneliti menemukan bahwa kedua siswa mengalami penurunan prestasi akademik serta perilaku yang kurang baik dalam mengikuti kegiatan belajar dan mengajar di kelas. Dengan demikian, peneliti akan melakukan analisis kesulitan belajar yang dialami oleh siswa X dan siswa Y. Fokus penelitian ini sebagai berikut: (1)Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar pada siswa X dan Y, (2) Upaya dalam mengatasi kesulitan belajar yang terjadi pada siswa X dan Y. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa X dan siswa Y yang merupakan siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan triangulasi data dengan narasumber Wali kelas, guru BK, guru Akuntansi Perusahaan Dagang, guru Akuntansi Keuangan, teman sejawat siswa X dan siswa Y, orang tua siswa X dan siswa Y. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahap sebagai berikut: (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, (3) Penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, penyebab kesulitan belajar yang dialami oleh siswa X meliputi faktor internal yaitu motivasi dan kebiasaan belajar. Faktor eksternal penyebab kesulitan belajar siswa X meliputi cara didik orang tua, ekonomi keluarga, teman bergaul, dan cara mengajar guru. Sedangkan siswa Y mengalami kesulitan belajar dari faktor internal yaitu minat, motivasi, dan kebiasaan belajar. Faktor eksternal yang menyebabkan siswa Y mengalami kesulitan belajar meliputi masalah keluarga, ekonomi keluarga, hubungan orang tua dan anak, cara didik orang tua, teman bergaul, dan cara mengajar guru. Upaya yang dilakukan siswa yaitu dengan bertanya kepada teman sejawat dan lebih memanfaatkan waktu luang untuk belajar. Upaya yang dilakukan orang tua untuk mengatasi kesulitan belajar yaitu dengan memberikan motivasi kepada siswa X dan siswa Y untuk lebih meningkatkan belajarnya. Upaya yang dilakukan oleh guru adalah dengan memberikan nasehat, memberikan perbaikan nilai, serta memberikan strategi pembelajaran yang menarik. Kesimpulannya menunjukan bahwa penyebab kesulitan belajar terjadi pada siswa X dan Y adalah faktor internal dan eksternal. Saran peneliti untuk penelitian selanjutnya, perlu melakukan wawancara dengan teman sejawat yang lebih dekat dengan informan kunci dan kedua orang tua untuk memperoleh informasi yang lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/80097

Actions (login required)

View Item View Item