Pengaruh pengaturan diri dalam belajar dan dukungan sosial teman sebaya terhadap hasil belajar siswa melalui keterlibatan siswa dalam pembelajaran di SMKN 2 Blitar / Emma Elvianingsih

Elvianingsih, Emma (2020) Pengaruh pengaturan diri dalam belajar dan dukungan sosial teman sebaya terhadap hasil belajar siswa melalui keterlibatan siswa dalam pembelajaran di SMKN 2 Blitar / Emma Elvianingsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Elvianingsih, Emma. 2019. Pengaruh Pengaturan Diri dalam Belajar dan Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Siswa melalui Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran di SMK Negeri 2 Blitar. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Endang Sri Andayani, S.E., M.Si., Ak. Kata Kunci: Pengaturan Diri dalam Belajar, Dukungan Sosial Teman Sebaya, Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa. Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh peserta didik setelah terjadinya proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan nilai tes yang diberikan oleh guru setiap selesai memberikan materi. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar diantaranya adalah pengaturan diri dalam belajar, dukungan sosial teman sebaya, dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pengaturan diri dalam belajar terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran, (2) pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran, (3) pengaruh langsung pengaturan diri dalam belajar terhadap hasil belajar, (4) pengaruh langsung dukungan sosial teman sebaya terhadap hasil belajar, (5) pengaruh keterlibatan siswa dalam pembelajaran terhadap hasil belajar, (6) pengaruh tidak langsung pengaturan diri dalam belajar terhadap hasil belajar melalui keterlibatan siswa dalam pembelajaran, dan (7) pengaruh tidak langsung dukungan sosial teman sebaya terhadap hasil belajar melalui keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 2 Blitar. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 93 siswa yang diambil menggunakan metode proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan untuk mengukur variabel-variabel penelitian menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengaturan diri dalam belajar berpengaruh positif signifikan terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran. (2) Dukungan sosial teman sebaya berpengaruh positif signifikan terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran. (3) Pengaturan diri dalam belajar berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar. (4) Dukungan sosial teman sebaya berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar. (5) Keterlibatan siswa dalam pembelajaran berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar. (6) Pengaturan diri dalam belajar berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar melalui keterlibatan siswa dalam pembelajaran. (7) Dukungan sosial teman sebaya berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar melalui keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/80095

Actions (login required)

View Item View Item