Pengukuran hasil belajar siswa dengan menggunakan bimbingan belajar dan status sosial ekonomi keluarga sebagai variabel prediktor / Karimatan Nisak

Nisak, Karimatan (2019) Pengukuran hasil belajar siswa dengan menggunakan bimbingan belajar dan status sosial ekonomi keluarga sebagai variabel prediktor / Karimatan Nisak. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nisak, Karimatan 2019. Pengukuran Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Bimbingan Belajar dan Status Sosial Ekonomi Keluarga sebagai Variabel Prediktor. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing Dr. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak, CA Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Bimbingan Belajar, dan Status Sosial Ekonomi Keluarga Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengukuran hasil belajar siswa menggunakan bimbingan belajar dan status sosial ekonomi keluarga, yakni menjelaskan pengaruh bimbingan belajar dan status sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI Jurusan IPS di MAN 1 Mojokerto sejumlah 137 siswa. sampel dalam penelitian ini sejumlah 33 siswa yang diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data untuk variabel bimbingan belajar dan status sosial ekonomi keluarga menggunakan data primer yang diukur menggunakan kuesioner atau angket. Sedangkan variabel hasil belajar siswa menggunakan data sekunder berupa dokumen nilai UAS mata pelajaran Ekonomi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan belajar berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan tingkat sig. yaitu 0,033 < 0,05, yang artinya jika bimbingan belajar mengalami kenaikan, maka hasil belajar siswa juga akan mengalami kenaikan. Status sosial ekonomi keluarga juga berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan tingkat sig. yaitu 0,048 < 0,05, yang artinya jika semakin tinggi status sosial ekonomi keluarga maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa semakin sering siswa mengikuti bimbingan belajar akan memperoleh hasil belajar yang tinggi dan siswa yang status sosial ekonomi keluarganya tinggi maka akan memperoleh hasil belajar yang tinggi. Besar pengaruh variabel bimbingan belajar dan status sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 23,9%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 76,1% dipengaruhi oleh variabel independen lain yang tidak diteliti di penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan; (1) bagi guru untuk lebih sering memperhatikan dan melakukan pendekatan secara individu kepada siswa yang terlihat kurang semangat belajar atau yang lambat dalam berfikir saat proses pembelajaran; (2) bagi siswa diharpkan menerapkan disiplin belajar yaitu dengan cara rajin mengikuti bimbingan belajar, mengunjungi perpustakaan dan agar menyisihkan sebagian uang saku untuk membeli peralatan dan perlengkapan sekolah; (3) bagi orang tua diharapkan memotivasi anaknya dalam belajar dan mendukung segala kebutuhan belajar anak serta untuk keluarga yang menengah ke bawah diharapkan agar lebih mendukung anaknya untuk sekolah dari pada bekerja; (4) bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menyempurnakan dan menambah hal-hal yang masih kurang dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/80094

Actions (login required)

View Item View Item