Academic burnout ditinjau dari kepribadian hardiness, persepsi beban belajar, dan dukungan sosial (studi pada mahasiswa prodi pendidikan akuntansi angkatan 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Tiyani Larassati

Larassati, Tiyani (2019) Academic burnout ditinjau dari kepribadian hardiness, persepsi beban belajar, dan dukungan sosial (studi pada mahasiswa prodi pendidikan akuntansi angkatan 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Tiyani Larassati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Larassati, Tiyani. 2019. Academic Burnout Ditinjau dari Kepribadian Hardiness, Persepsi Beban Belajar, dan Dukungan Sosial. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sriyani Mentari, S.Pd, M.M. Kata kunci: academic burnout, kepribadian hardiness, persepsi beban belajar, dukungan sosial. Academic burnout dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal yaitu kepribadian, beban belajar, dan dukungan sosial. Kepribadian hardiness identik dengan kemampuan individu dalam mengatasi situasi stres. Persepsi beban belajar ialah pandangan atau penilaian mahasiswa mengenai proses belajar, tugas, dan kesulitan belajar yang ia hadapi. Dukungan sosial mencangkup bantuan atau dukungan yang diterima individu dari orang-orang tertentu dalam kehidupannya. Penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis: (1) pengaruh kepribadian hardiness terhadap academic burnout, (2) pengaruh persepsi beban belajar terhadap academic burnout, (3) pengaruh dukungan sosial terhadap academic burnout. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2017 Universitas Negeri Malang sebanyak 122 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah propotional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 94 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepribadian hardiness dan dukungan sosial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap academic burnout. Persepsi beban belajar pengaruh positif dan signifikan terhadap academic burnout. Saran peneliti: (1) Bagi mahasiswa dapat memandang tantangan dan tuntutan dalam proses pembelajaran sebagai wadah untuk menggali pengetahuan dan dapat menjaga hubungan baik dengan orang tua, teman, maupun dosen untuk memperoleh dukungan sosial. (2) Bagi orang tua dan dosen dapat memberikan pembinaan dan penanaman sikap tahan banting dan optimis kepada mahasiswa dan memberikan dukungan sosial. (3) Bagi peneliti selanjutnya dapat mengkaji faktor-faktor yang dapat menimbulkan academic burnout pada mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/80093

Actions (login required)

View Item View Item