Pengaruh dukungan orang tua, guru, pergaulan teman sebaya terhadap prestasi akademik melalui student engagement pada mata pelajaran akuntansi dasar / Rifdah Hasanah

Hasanah, Rifdah (2019) Pengaruh dukungan orang tua, guru, pergaulan teman sebaya terhadap prestasi akademik melalui student engagement pada mata pelajaran akuntansi dasar / Rifdah Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hasanah, Rifdah. 2019. Pengaruh Dukungan Orang Tua, Guru, dan Pergaulan Teman Sebaya terhadap Prestasi Akademik Melalui Student Engagament pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sriyani Mentari, S.Pd., M.M. Kata kunci: dukungan orang tua, guru, pergaulan teman sebaya, prestasi akademik, student engagement Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh dukungan orang tua terhadap student engagement; 2) pengaruh dukungan guru terhadap student engagement; 3) pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap student engagement; 4) pengaruh student engagement terhadap prestasi akademik; 5) pengaruh dukungan orang tua terhadap prestasi akademik baik secara langsung maupun melalui student engagement; 6) pengaruh dukungan guru terhadap prestasi akademik baik secara langsung maupun melalui student engagement; 7) pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap prestasi akademik baik secara langsung maupun melalui student engagement. Berdasarkan tujuan penelitian, penelitian ini termasuk penelitian eksplanatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi di SMKN 12 Malang yang berjumlah 142 siswa dengan sampel 105 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi, dan analisis jalur. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan dukungan orang tua terhadap student engagement; 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan dukungan guru terhadap student engagement; 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan pergaulan teman sebaya terhadap student engagement(4) terdapat pengaruh positif dan signifikan student engagementi terhadap prestasi akademik; 5) terdapat pengaruh tidak langsung antara dukungan orang tua dan prestasi akademik melalui student engagement; 6) terdapat pengaruh tidak langsung antara dukungan guru terhadap prestasi akademik melalui student engagement; 7) terdapat pengaruh tidak langsung antara pergaulan teman sebaya terhadap prestasi akademik melalui student engagement.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/80091

Actions (login required)

View Item View Item