Pengembangan bahan ajar berbasis mobile learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran perbankan dasar di SMKN 1 Boyolangu / Muhammad Ulul Albab - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis mobile learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran perbankan dasar di SMKN 1 Boyolangu / Muhammad Ulul Albab

Albab, Muhammad Ulul (2019) Pengembangan bahan ajar berbasis mobile learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran perbankan dasar di SMKN 1 Boyolangu / Muhammad Ulul Albab. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Albab Muhammad Ulul. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Mobile Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Perbankan Dasar di SMKN 1 Boyolangu. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Suparti M.P. Kata Kunci Bahan Ajar Mobile Learning Hasil Belajar Perbankan Dasar Dalam praktik pembelajaran perbankan dasar di SMK Negeri 1 Boyolangu siswa menggunakan sumber belajar buku cetak yang belum memuat materi yang sesuai dengan kompetensi dasar. Siswa mengharapkan adanya bahan ajar yang lebih menarik dan mudah digunakan dan mudah dibawa oleh siswa dapat dipakai kapanpun dan dimanapun serta tidak memberatkan siswa dari segi biaya. Berkaitan dengan hal tersebut peneliti melakukan bahan ajar yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi serta melakukan penilaian secara langsung kepada siswa tentang mata pelajaran perbankan dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang diadaptasi dan dimodifikasi dari model yang dikembangkan oleh Borg Gall (2003). Dalam penelitian ini terdapat 6 (enam) tahapan yang digunakan yaitu (1) Potensi dan Masalah (2) Perencanaan Penelitian (3) Pengembangan Produk (4) Validasi Produk (5) Revisi Produk (6) Uji Coba Produk. Desain uji coba yang dilakukan adalah uji coba kelayakan dan uji coba efektivitas one group pretest posttest design. Validasi media yang dikembangkan oleh ahli materi dan ahli media. Produk yang dihasilkan adalah bahan ajar berbasis mobile learning yang berisi kompetensi dasar materi pembelajaran soal latihan contoh soal glosarium chat grup dan profil pengembang. Hasil uji kelayakan menunjukkan rata-rata skor sebesar 95 5% dengan kategori sangat layak. Hasil uji efektifitas produk yang dilakukan pada siswa kelas X Akuntansi di SMKN 1 Boyolangu yang dianalisis menggunakan paired sample t-test menunjukkan nilai sig 2-tailed sebesar 0 00 0 05 hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan setelah menggunakan bahan ajar berbasis mobile learning ini. Terdapat peningkatan hasil belajar setelah menggunakan media pembelajaran. Adapun saran pengembangan lebih lanjut adalah mengembangkan evaluasi yang lebih baik materi pembelajaran yang lebih lengkap menambahkan fitur video pembelajaran serta mengembangkan media pembelajaran yang dapat diakses jenis smartphone yang menggunakan sistem operasi lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/80089

Actions (login required)

View Item View Item