Analisis pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) kompetensi keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) di SMKN 1 Kraksaan-Probolinggo / Ulfiatul Jannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) kompetensi keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) di SMKN 1 Kraksaan-Probolinggo / Ulfiatul Jannah

Jannah, Ulfiatul (2019) Analisis pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) kompetensi keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) di SMKN 1 Kraksaan-Probolinggo / Ulfiatul Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Jannah Ulfiatul. 2019.Analisis Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Kompetensi Keahlian Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL) di SMKN 1 Kraksaan-Probolinggo. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci pelaksanaan PKL relevansi SKKNI manajemen PKL Pendidikan Kejuruan khususnya SMKdidirikan untuk mencetak lulusan yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan manusia. Oleh karena itu SMK memiliki pola Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yang mana pembelajaran dilaksanakan di sekolah dan dunia kerja sebagai implementasi teori yang telah diterima selama di sekolah. Oleh sebab itu kurikulum harus sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja. Acuan kompetensi telah banyak menggunakan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Berdasarkan hasil penelitian awal kepada siswa di SMKN 1 Kraksaan-Probolinggo pekerjaan yang diterima saat PKL tidak sesuai dengan keahliannya. Hal ini disetujui oleh Ketua Pokja dan Kakomli AKL bahwa kesulitan menemukan DUDI yang sesuai dengan keahlian siswa merupakan hambatan utama dalam program PKL. Oleh sebab itu dirumuskan dua fokus masalah yaitu bagaimana relevansi pekerjaan yang diterima peserta didik saat PKL dengan SKKNI dan bagaimana manajemen program PKL di SMKN 1 Kraksaan-Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Sumber penelitian menggunakan dua teknik yaitu wawancara dan dokumentasi. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik random sampling. Wawancara dilakukan kepada Ketua Pokja PKL Kaproli AKL siswa dan DUDI. Hasil penelitian ialah pekerjaan yang diterima peserta didik saat PKL memberikan pengalaman belajar yang relevan dan tidak relevan dengan cakupan akuntansi. Pekerjaan yang relevan yaitu kompetensi ketiga sampai ketujuh dalam SKKNI serta mengelola perpajakan. Sebaliknya pekerjaan yang tidak relevan yaitu kompetensi pertama dan kedua dalam SKKNI mengelola administrasi dan melayani pelanggan.Manajemen PKL terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan pelaksanaan dan penilaian. Pada proses perencanaan PKL sekolah membangun kerjasama dengan DUDI dan melakukan sinkronisasi kurikulum. Namun masih banyak DUDI yang belum ] membelajarkan kompetensi sesuai program. Pelaksanaan PKL berlangsung selama 5 bulan format jurnal kegiatan siswa kurang sesuai dengan pedoman versi Direktorat PSMK dan hasil monitoring ialah tidak ada siswa AKL yang bermasalah. Penilaian PKL untuk siswa dicantumkan di raport dan sertifikat yang umumnya masih diterbitkan oleh sekolah. Evaluasi PKL dilakukan dengan (1) mempresentasikan jurnal kegiatan oleh masing-masing siswa (2) mengundang pihak DUDI. Umumnya pihak DUDI merasa puas dengan kualitas siswa PKL. Beberapa DUDI merekrut karyawan dari lulusan SMKN 1 Kraksaan yang telah melaksanakan PKL di DUDI tersebut. Peneliti menyarankan agar penelitian selanjutnya menambah teknik observasi untuk memperoleh data yang lebih akurat dan mendalam serta melakukan wawancara pada siswa yang tidak lama telah menyelesaikan atau sedang melaksanakan PKL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/80088

Actions (login required)

View Item View Item