Pengaruh kajian praktik lapangan (KPL) dan minat menjadi guru terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru program studi pendidikan akuntansi angkatan 2015 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Izzatuna Mutiara Nabila

Nabila, Izzatuna Mutiara (2019) Pengaruh kajian praktik lapangan (KPL) dan minat menjadi guru terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru program studi pendidikan akuntansi angkatan 2015 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Izzatuna Mutiara Nabila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nabila, Izzatuna Mutiara. 2019. Pengaruh Kajian Praktik Lapangan (KPL) dan Minat Menjadi Guru Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2015 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sunaryanto, M.Ed. Kata kunci: kajian praktik lapangan (KPL), minat menjadi guru, dan kesiapan menjadi guru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ada mahasiswa yang menyatakan belum memiliki kesiapan menjadi guru yang matang meski telah menempuh KPL. Selain itu, pada kenyataannya tidak sedikit mahasiswa yang menempuh pendidikan keguruan bukan berdasarkan minatnya untuk menjadi seorang guru. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kajian praktik lapangan (KPL) dan minat menjadi guru terhadap kesiapan menjadi guru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang dilakukan mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Malang dengan menggunakan metode penelitian eksplanasi (explanatory research) untuk memberikan penjelasan tentang hubungan antar fenomena atau variabel. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2015 yang sudah menempuh KPL dengan jumlah responden sebanyak 105. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis uji t dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh Kajian Praktik Lapangan (KPL) terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Hal ini menunjukkan bahwa KPL yang mendominasi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Akuntansi ini berada dalam kriteria tinggi yang berarti bahwa sebagian besar mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah KPL akan lebih siap untuk menjadi guru. 2) Tidak ada pengaruh Minat Menjadi Guru terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa program studi S1 Pendidikan Akuntansi masih belum memiliki minat untuk menjadi seorang guru. Sehingga semakin rendah minat mahasiswa untuk menjadi seorang guru maka akan semakin rendah pula kesiapan mahasiswa untuk menjadi seorang guru. Dengan demikian, Kajian Praktik Lapangan (KPL) dapat meningkatkan kesiapan menjadi guru, namun berbeda dengan minat menjadi guru yang tidak berpengaruh terhadap kesiapan menjadi guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/80081

Actions (login required)

View Item View Item