Pengaruh pendapatan orang tua dan motivasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Pingki Cloudiaviska Fernitasari

Fernitasari, Pingki Cloudiaviska (2019) Pengaruh pendapatan orang tua dan motivasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Pingki Cloudiaviska Fernitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Fernitasari, Pingki C. 2019. Pengaruh Pendapatan Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Skripsi, Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi,Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Suparti, M.P. Kata Kunci: pendapatan orang tua, motivasi belajar, minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi dapat dilihat dari sikap siswa yang menaruh dan memusatkan perhatian pada hal yang menjadi keinginan dan diwujudkan dengan usaha. Minat tidak bisa tumbuh dengan sendirinya tapi dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor yang dapat mempengaruhi minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi yaitu pendapatan orang tua dan motivasi belajar akuntansi.Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pendapatan orang tua (X₁) dan motivasi belajar (X₂) terhadap minat melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi (Y) baik secara parsial maupun simultan. Dalam penelitianinimenggunakanpendekatankuantitif yangberjenis penelitian eksplanatori dengan teknik pengumpulan data kuesioner dan dokumentasi. Populasi penelitian berjumlah 120 siswa yaitu seluruh jurusan akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Sampel penelitian berjumlah 50 responden menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan regresi berganda menggunakan aplikasi SPSS 25.Berdasarkanhasilpenelitiandapatditarikkesimpulan bahwa penghasilan orang tua danmotivasibelajarberpengaruh terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggiyaitudengan semakin tinggi pendapatan orang tua maka semakin tinggi pula minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggidansemakintinggimotivasibelajar makasemakintinggi pula minatsiswauntukmelanjutkanstudikeperguruantinggibegitu pula sebaliknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/80073

Actions (login required)

View Item View Item