Pengembangan model pembelajaran discovery learning berbantuan media pembelajaran berbasis android (mobile learning) pada mata pelajaran akuntansi dasar untuk SMK Akuntansi / Rizky Pratama Rosyadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran discovery learning berbantuan media pembelajaran berbasis android (mobile learning) pada mata pelajaran akuntansi dasar untuk SMK Akuntansi / Rizky Pratama Rosyadi

Rosyadi, Rizky Pratama (2019) Pengembangan model pembelajaran discovery learning berbantuan media pembelajaran berbasis android (mobile learning) pada mata pelajaran akuntansi dasar untuk SMK Akuntansi / Rizky Pratama Rosyadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Rosyadi Rizky Pratama. 2019. Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning berbantuan Media Pembelajaran Berbasis Android (Mobile Learning) pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar untuk SMK Akuntansi. Skripsi Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Bambang Sugeng S.E. M.A. M.M.Ak Kata kunci model pembelajaran discovery learning media pembelajaran mobile learning akuntansi dasar. Penerapan model pembelajaran pada peserta didik kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Pasuruan yang belum sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 merupakan penyebab masalah dari tidak dapat dicapainya tujuan pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Terbatasnya fasilitas pembelajaran juga berdampak pada minimnya variasi model pembelajaran yang diterapkan. Berdasarkan permasalahan tersebut dapat diketahui bahwa untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 yaitu discovery learning dengan menggunakan media pembelajaran mobile learning untuk mengatasi kendala keterbatasan fasilitas pembelajaran disekolah dengan cara memanfaatkan perangkat smartphone siswa sebagai media pembelajarannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R D) yang menggunakan model Borg and Gall. Terdapat sepuluh tahap pengembangan yaitu 1) Research and Information Collecting (Penelitian dan Pengumpulan Data) 2) Planning (Perencanaan) 3) Develop Preliminary Form of Product (Pengembangan Draft Produk) 4) Preliminary Field Testing (Uji Coba Lapangan Awal) 5) Main Product Revision (Merevisi Hasil Uji Coba) 6) Main Field Testing (Uji Coba Lapangan) 7) Operasional Product Revision (Penyempurnaan Produk Hasil Uji Lapangan) 8) Operasional Field Testing (Uji Pelaksanaan Lapangan) 9) Final Product Revision (Penyempurnaan Produk Akhir) 10) Dissemination and Implementation (Diseminasi dan Implementasi) dan tahap pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap ke enam. Validasidilakukan oleh ahli model pembelajaran ahli media pembelajaran dan pengamat implementasi produk saat penelitian. Model pembelajaran dan media pembelajaran diujicobakan menggunakan desain eksperimen. Peneliti menggunakan kelas X AK 1 sebagai kelas eksperimen dan X AK 2 sebagai kelas kontrol dan masing-masing kelas memiliki jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Eksperimen dilakukan dengan melakukan pretest dan posttest untuk melihat perbedaan hasil belajar setelah diberikan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan model pembelajaran discovery learning berbantuan media pembelajaran berbasis android (mobile learning) berdasarkan penilaian 1) Ahli model diperoleh persentase 93 5% termasuk dalam kategori sangat layak 2) Ahli media diperoleh persentase 97% termasuk dalam kategori sangat layak 3) pengamat implementasi produk 92% termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil eksperimen dianalisis vii menggunakan independent sample t-test dan menunjukkan signifikansi 0 000 yang dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning berbantuan media pembelajaran berbasis android (mobile learning) sangat layak digunakan dan dapat meningkatkan kemampuan HOTS peserta didik. Saran yang diajukan oleh peneliti adalah menerapkan model pembelajaran lain yang sesuai dengan kurikulum 2013 dan melakukan upgrade aplikasi ke versi yang premium sehingga batasan untuk mengubah isi konten aplikasi lebih lama dan menghilangkan iklan saat digunakan oleh pengguna media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/80070

Actions (login required)

View Item View Item