Pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT pada mata pelajaran akuntansi keuangan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Risanti Andriyani

Andriyani, Risanti (2019) Pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT pada mata pelajaran akuntansi keuangan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Risanti Andriyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Andriyani, Risanti. 2019. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sulastri, S.Pd, M.SA Kata Kunci : Media Pembelajaran, ICT, Akuntansi Media pembelajaran ICT digunakan sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi agar pembelajaran menjadi efektif dan efisien. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengkaji pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT pada mata pelajaran akuntansi keuangan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dipilih menggunakan teknik purposive yang terdiri dari informan kunci dan informan pendukung. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dipaparkan sebagai berikut: (1) Pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT pada mata pelajaran akuntansi keuangan telah di integrasikan sebagai relevansi implementasi kurikulum 2013. Guru memanfaatkan power point text dan internet sebagai media ICT. Adanya presepsi guru bahwa siswa perlu diarahkan dalam mengkonstruk pengetahuan secara mandiri, menjadikan metode konvensional tetap dikombinasikan dengan media ICT. (2) Fakor penghambat pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT pada mata pelajaran akuntansi keuangan yakni minimnya kompetensi guru memanfaatkan ICT diakibatkan faktor usia dan optimalisasi kesiapan guru menghadapi pesatnya perkembangan teknologi masih rendah. Kurangnya motivasi guru menciptakan media ICT yang inovatif menjadi faktor internal dan kuantitas sarana prasarana yang tersedia belum menjangkau disetiap ruang pembelajaran menggunakan ICT. Berdasarkan hasil penelitian dapat dipaparkan saran agar (1) Pihak sekolah menyediakan sarana prasarana yang lebih memadai dan membuat program pelatihan bagi guru untuk meningkatkan kompetensi terkait ICT, (2) Bagi guru perlu mengikuti pelatihan dan secara berkala mengupgrade keterampilan agar mampu memanfaatkan ICT secara komprehensif, (3) Bagi peneliti selanjutnya perlu menelisik terlebih dahulu kebijakan ICT dan menggunakan pendekatan penelitian yang berbeda untuk keterbaharuan informasi pada konteks penelitian yang sejenis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/80069

Actions (login required)

View Item View Item