Pengembangan perangkat pembelajaran akuntansi berbasis flipped classroom di SMK / Shintiya Yulia Frantika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran akuntansi berbasis flipped classroom di SMK / Shintiya Yulia Frantika

Frantika, Shintiya Yulia (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran akuntansi berbasis flipped classroom di SMK / Shintiya Yulia Frantika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Frantika Shintiya Yulia. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Akuntansi Berbasis Flipped Classroom di SMK. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom Administrasi Pajak Mata pelajaran Administrasi Pajak menuntut peserta didik tidak hanya mampu secara teoritis melainkan mampu mengaplikasikan pengetahuannya secara langsung di kehidupan sehari-hari. Alokasi waktu untuk mata pelajaran Administrasi Pajak kelas XI menurut struktur kurikulum SMK disediakan 2 JP x 45 menit sehingga seorang guru harus dapat memaksimalkan waktu yang disediakan sebaik mungkin. Selain itu di era teknologi banyak siswa yang memiliki smartphone yang berpotensi dapat dimaksimalkan untuk pembelajaran. Oleh karena itu untuk memaksimalkan alokasi waktu yang tersedia dan penggunaan smartphone seorang guru dapat menerapkan pembelajaran flipped classroom. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Menghasilkan perangkat pembelajaran akuntansi berbasis flipped classroom pada mata pelajaran Administrasi Pajak (2) Mengetahui efektivitas penggunaan perangkat pembelajaran akuntansi berbasis flipped classroom pada mata pelajaran Administrasi Pajak. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model Research and Development (R D) yang dikembangkan oleh Borg Gall. Prosedur yang dilakukan telah dimodifikasi meliputi pengumpulan informasi perencanaan pengembangan produk validasi ahli revisi produk awal uji coba lapangan revisi dan produk akhir. Perangkat pembelajaran ini diujicobakan pada siswa kelas XI jurusan Akuntansi di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Desain uji coba yang digunakan adalah eksperimen bentuk One-Group Pretest-Posttest Design sehingga diberikankan pretest dan posttest kepada siswa untuk mengetahui efektivitas penggunaan perangkat pembelajaran akuntansi berbasis flipped classroom. Penelitian dan pengembangan ini telah menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bahan ajar berupa aplikasi Android dan evaluasi pembelajaran. Dari penilaian produk diketahui bahwa perangkat pembelajaran akuntansi berbasis flipped classroom sangat valid/ sangat layak untuk digunakan dengan rata-rata keseluruhan sebesar 86%. Hasil uji t untuk kemandirian belajar siswa menunjukkan tingkat signifikan yang mencapai 0 000 0 05. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa perangkat pembelajaran akuntansi berbasis flipped classroom telah dapat digunakan sebagai perangkat pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Saran pemanfaatan yang dapat diberikan adalah (1) Guru hendaknya memastikan bahwa setiap siswa mempunyai smartphone dengan dukungan koneksi yang memadai agar aplikasi TaxSmart bisa digunakan dengan mudah dan lancar (2) Siswa diharapkan mengikuti dan membaca petunjuk yang ada dalam aplikasi TaxSmart dengan saksama serta intruksi dari guru sehingga dapat menggunakannya dengan tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/80067

Actions (login required)

View Item View Item