Pengembangan bahan ajar e-modul pada mata pelajaran praktikum akuntansi perusahaan jasa dan dagang untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMKN 1 Turen / RA. Adinda Megawati R. Santoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar e-modul pada mata pelajaran praktikum akuntansi perusahaan jasa dan dagang untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMKN 1 Turen / RA. Adinda Megawati R. Santoso

Santoso, RA. Adinda Megawati R. (2019) Pengembangan bahan ajar e-modul pada mata pelajaran praktikum akuntansi perusahaan jasa dan dagang untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMKN 1 Turen / RA. Adinda Megawati R. Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Santoso RA Adinda Megawati R. 2019. Pengembangan Bahan Ajar E-modul pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa dan Dagang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMKN 1 Turen. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Suparti M.P. Kata Kunci e-modul praktikum akuntansi perusahaan jasa dan dagang hasil belajar bahan ajar. Penerapan Kurikulum 2013 pada setiap sekolah di Indonesia merupakan salah satu wujud atau usaha Pemerintah untuk menyiapkan peserta didik menjadi sumber daya manusia yang berdaya saing. Tidak hanya teknis pembelajaran yang disesuaikan tetapi perangkat pembelajara secara keseluruhan juga ditingkatkan dan disesuaikan dengan penerapan Kurikulum 2013. Salah satu perangkat yang sangat penting dalam pelaksanaan pembelajaran adalah bahan ajar bahan ajar dengan kualitas dan kuantitas yang layak atau dengan kata lain efektif dan efisien sangat dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan Kurikulum 2013 tetapi tidak sedikit sekolah yang mengalami permasalahan dalam ketersediaan bahan ajar. Maka dari itu perlu pemikiran yang inovatif untuk mengatasi permasalahan ketersediaan bahan ajar. Masalah tersebut memotivasi peneliti untuk mengembangkan bahan ajar berbasis elektronik yang sesuai dengan perkembangan jaman dengan karakteristik efektif dan efisien serta dapat meningkatkan hasil belajar peserta diidk. Metode yang digunakan adalah pengembangan. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (2009). Tahap-tahap yang dilakukan meliputi analyze design develop implement and evaluate. Desain penelitian yang diterapkan peneliti adalah desain eksperimen. Validasi e-modul dilakukan oleh 1 dosen teknologi pendidikan (TEP) UM dan 1 guru komputer akuntansi SMK Negeri 1 Turen. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket uji kelayakan serta soal pre test dan post test untuk uji efektivitas produk. Terdapat dua kelas yang menjadi objek penelitian kelas XI AKL 1 sebagai kelas kontrol dan XI AKL 2 sebagai kelas eksperimen. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif berupa skor angket dan nilai pretest-posttest serta data kualitatif berupa uraian kekurangan dan saran dari validator. Hasil uji kelayakan produk menunjukkan rata-rata skor validator media sebesar 98 17% dengan kriteria sangat layak dan skor validator materi sebesar 77% dengan kriteria layak. Hasil uji efektivitas produk pada siswa kelas XI AKL 1 dan XI AKL 2 SMKN 1 Turen yang dianalisis menggunakan independent sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan dibuktikan dengan nilai sig. 2-tailed sebesar 000 0 05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar e-modul pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa dan dagang dianggap efektif dan mampu memberikan pengaruh positif terhadap pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar. Disarankan untuk menambahkan soal-soal akuntansi yang mengandung HOTS minimal 30% dari jumlah soal yang ada serta menambahkan warna lain pada tampilan e-modul agar lebih menarik dan selaras.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/80065

Actions (login required)

View Item View Item