Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbantuan media android (mobile learning) terhadap minat belajar siswa kelas X Akuntansi / Nur Latifah

Latifah, Nur (2019) Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbantuan media android (mobile learning) terhadap minat belajar siswa kelas X Akuntansi / Nur Latifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Latifah, Nur. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Android (Mobile Learning) Terhadap Minat Belajar Siswa X Akuntansi. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E., M.A., M.M., Ak. Kata Kunci: model pembelajaran kontekstual, mobile learning, minat belajar. Untuk menumbuhkan minat belajar siswa, guru harus menciptakan suasana kelas yang dinamis dan menyenangkan. Selain itu, guru harus memperhatikan dan menyesuaiakan model, media, maupun sumber pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Model pembelajaran dan media pembelajaran saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan karena menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Berdasarkan pernyataan tersebut, penelitian ini menggunakan model pembelajaran kontekstual berbantuan dengan media android (mobile learning). Model pembelajaran kontekstual merupakan model pembelajaran yang membantu guru untuk mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Media pembelajaran yang digunakan berupa softfile akuntansi sebagai stimulus siswa untuk belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontektual berbantuan media android (mobile learning) terhadap minat belajar siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada mata pelajaran akuntansi dasar pokok bahasan jurnal penyesuaian. Penelitian kuantitatif ini merupakan desain penelitian eksperimen semu (quasy-eksperimental design) karena peneliti tidak bisa mengontrol variabel diluar penelitian terkait minat belajar siswa, sehingga rancangan penelitian yang digunakan adalah static-group comparison design. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah RPP dan angket posttest setelah diberikan perlakuan kepada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan minat belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kontekstual berbantuan mobile learning dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual berbantuan m-learning berpengaruh positif terhadap minat belajar siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Muhammadiyah 3 Singosari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/80062

Actions (login required)

View Item View Item