Pengaruh penggunaan media animasi pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas VII MTS Sutya Buana Malang / Maya Fanny Furoidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media animasi pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas VII MTS Sutya Buana Malang / Maya Fanny Furoidah

Furoidah, Maya Fanny (2010) Pengaruh penggunaan media animasi pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas VII MTS Sutya Buana Malang / Maya Fanny Furoidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Furoidah Maya Fanny. 2009. Pengaruh Penggunaan Media Animasi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VII MTS Surya Buana Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. AJE. Toenlioe M.Pd (II) Drs. Abdul Manan M.Pd. Kata kunci media pembelajaran animasi hasil belajar. Media animasi pembelajaran merupakan media yang berisi kumpulan gambar yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan gerakan dan dilengkapi dengan audio sehingga berkesan hidup serta menyimpan pesan-pesan pembelajaran. Media animasi pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai perangkat ajar yang siap kapan saja digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran. Dalam suatu penelitian disebutkan bahwa pentingnya animasi sebagai media pembelajaran adalah memiliki kemampuan untuk memaparkan sesuatu yang rumit atau komplek serta sulit dijelaskan dengan hanya gambar atau kata-kata saja. Dengan kemampuan ini maka media animasi pembelajaran dapat digunakan untuk menjelaskan materi yang secara nyata tidak dapat terlihat oleh mata. MTS Surya Buana Malang merupakan sekolah yang telah memiliki fasilitas multimedia akan tetapi selama ini guru di sekolah tersebut belum memanfaatkannya secara optimal dan belum pernah menggunakan media animasi pembelajarann khususnya dalam pembelajaran Biologi. Media animasi pembelajaran merupakan media yang berisi kumpulan gambar yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan gerakan dan dilengkapi dengan audio sehingga berkesan hidup serta menyimpan pesan-pesan pembelajaran. Media ini dikemas dalam bentuk Compact disk sehingga bisa digunakan kapan saja dan dimana saja sesuai kebutuhan pebelajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi pembelajaran terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilakukan pada bulan November-Desember 2009 dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas VII di MTS Surya Buana Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah analisis tes tanda menggunakan rumus Chi Square. Penggunaan analisis ini dikarenakan data yang diperoleh tidak memnuhi syarat homogenitas dan tidak berdistribusi secara normal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media animasi pembelajaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa serta menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media animasi lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media animasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan supaya dilakukan penelitian pengaruh media animasi terhadap motivasi belajar peserta didik lebih lanjut karena nantinya sangat diharapkan bisa digunakan sebagai acuan terbaru dalam dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/80

Actions (login required)

View Item View Item