Wahyuningsih, Dwi (2010) Pemanfaatan sumber belajar dan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPA kelas IV di SD Negeri se kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap <BR>oleh Dwi Wahyuningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wahyuningsih. 2009. Penerapan Pendekatan Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN I Badegan Kabupaten Ponorogo . Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Moch. Shochib MPd (2). Dra. Hj. Sukamti M.Pd Kata Kunci Pendekatan inkuiri Hasil Belajar IPA Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Badegan Kabupaten Ponorogo. Hasil observasi awal ditemukan bahwa pembelajaran IPA materi pokok cahaya dan sifat-sifatnya guru masih menggunakan metode ceramah. Hasil belajar siswa rata- rata masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pratindakan yaitu 45 74. belum mencapai ketuntasan belajar individu yang ditetapkan yaitu 75%. Berdasarkan hal tersebut maka dilaksanakan pembelajaran IPA dengan menerapkan pendekatan inkuiri melalui penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan inkuiri dalam pembelajaran IPA materi pokok cahaya dan sifat-sifatnya kelas V SDN 1 Badegan Kabupaten Ponorogo. (2) mendeskripsikan aktivitas siswa dalam penerapan pendekatan inkuiri dalam pembelajaran IPA materi pokok cahaya dan sifat-sifatnya kelas V SDN 1Badegan Kabupaten Ponorogo (3) mendeskripsikan penerapan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi pokok cahaya dan sifat-sifatnya kelas V SDN 1 Badegan Kabupaten Ponorogo. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Langkah penelitian tindakan kelas ini meliputi 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Badegan Kabupaten Ponorogo sebanyak 30 siswa. Materi yang dibahas adalah cahaya dan sifat-sifatnya. Instrumen yang digunakan adalah observasi wawancara tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan aktivitas siswa. Hal ini terbukti bahwa siswa menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu siswa dapat belajar mengalami langsung melalui percobaan. Selain itu penerapan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat perolehan skor yang meningkat dari rata- rata sebelumnya yaitu 45 74 pada siklus I meningkat menjadi 55 77 pada siklus II meningkat menjadi 71 6.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/799 |
Actions (login required)
View Item |