Pengaruh pendidikan etika terhadap kecurangan akademik mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang / Pasca Fajar Sabana

Sabana, Pasca Fajar (2020) Pengaruh pendidikan etika terhadap kecurangan akademik mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang / Pasca Fajar Sabana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sabana, Pasca Fajar. 2015. Pengaruh Pendidikan Etika Terhadap Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Nujmatul Laily, S Pd., M.SA Kata Kunci: Pendidikan Etika, Kecurangan Akademik Sehubungan dengan kecurangan akademik yang dilakukan mahasiswa bahwa terjadi kegagalan pendidikan etika di lingkungan perguruan tinggi. Etika telah menjadi isu penting dan menyedot perhatian baik dalam bidang akademik maupun profesi. Untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan yang dapat terjadi, mahasiswa harus dipersiapkan dan diberikan pemahaman tentang pentingnya etika. Karena itu, meningkatkan etika merupakan pengambilan keputusan penting. Kecurangan akademik merupakan tindakan yang bertentangan dengan etika Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh pendidikan etika terhadap kecurangan akademik mahasiswa akuntansi Universitas Negeri Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi S1 Pendidikan Akuntansi 2015 Universitas Negeri Malang sejumlah 142 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 105 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana dengan menggunakan bantuan software SPSS 16. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pendidikan etika terhadap kecurangan akademik mahasiswa akuntansi program studi S1 Pendidikan Akuntansi 2015 Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh pendidikan etika memiliki pengaruh terhadap kecurangan akademik sebesar 7,5%. Jika pemahaman etika mahasiswa rendah maka akan tinggi tingkat kecurangan yang dilakukan mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/79777

Actions (login required)

View Item View Item