Pengembangan modul untuk mendukung pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran siklus akuntansi / Novitasari

Novitasari (2019) Pengembangan modul untuk mendukung pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran siklus akuntansi / Novitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Novitasari. 2017. PengembanganBuku Ajar UntukMendukungPembelajaranKontekstualPada Mata PelajaranSiklusAkuntansi, JurusanAkuntansi, FakultasEkonomi, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) SriyaniMentari, S.Pd., M.M. (II) Dr. NurikaRestuningdiah, S.E., M.Si., Ak.,CA. Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Pembelajaran Kontekstual, Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa. Dalam dunia pendidikan sekarang, telah terdapat banyak sekali bentuk bahan ajar yang digunakan,salah satunya yaitu buku teks /buku ajar.Namun tidak semua buku tersebut menarik untuk dibaca dan dipelajari siswa karena siswa menilai buku tersebut terlalu sulit untuk dipahami. Padahal, dengan adanya buku teks/buku ajar yang menarik dan interaktif akan mendukung siswa untuk mempelajari materi siklus akutansi dengan baik secara mandiri. Dengan begitu siswa lebih suka membaca buku pelajaran baik di sekolah maupun di rumah. Selain itu dengan adanya buku ajar yang menarik juga akan memudahkan guru untuk mengajar. Siswa akan lebih aktif dalam belajar dan guru hanya akan menjadi fasilitator pembelajaran. Hal tersebut sesuai dengan paradigma pembelajaran Student Centered Learning (SCL) yang artinya guru hanya sebagai fasilitator. Untuk SMA/SMK sederajat, persentase perbandingan pembelajaran antara guru dan siswa adalah 40:60, dimana guru hanya memberikan 40% materi(Kemendikbud, 2013). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan buku ajar akuntansi berbasis kontekstual yang nanti akan digunakan sebagai bahan ajar di SMK Shalahuddin Malang untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran terutama dalam hal kurangnya bahan ajar yang menarik dan memudahkan siswa untuk memahaminya. Rancangan penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall (1989) yang terdiridari 10 tahap yang telah dimodifikasi menjadi tujuh tahap karena keterbatasan waktu, keadaan dan tenaga.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan angket yang diisi oleh 12 siswa kelas X-Akuntansi di SMK Shalahuddin Malang. Dari hasil uji validasi atau kelayakan buku ajar berbasis kontekstual ini baik dari ahli validasi materi dan ahli validasi desain visual menyatakan bahwa buku ajar berbasis kontekstual ini telah valid atau layak digunakan dengan presentase masing-masing sebesar 92,79% dan 85,82%. Selanjutnya produk di uji cobakan kepada pengguna terbatas (siswa) dan dinyatakan valid atau layak digunakan dengan presentase sebesar 84,92%. Dari produk yang dikembangkan ini memiliki keunggulan yaitu bahasa yang digunakan interaktif sehingga lebih mudah dipahami siswa, juga disertai gambar-gambar dan ilustrasi menarik yang membuat siswa tidak bosan membacanya. Akan tetapi disisi lain produk ini juga memiliki kelemahan yaitu hanya memuat satu standar kompetensi saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/79776

Actions (login required)

View Item View Item