Penerapan model pembelajaran kooperatif TGT (Teams Games Tournament) dengan media monopoli untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK 2 Muhammadiyah Malang tahun ajaran 2017/2018 / M. Liky Anggi Pandi Pratama

Pratama, M. Liky Anggi Pandi (2019) Penerapan model pembelajaran kooperatif TGT (Teams Games Tournament) dengan media monopoli untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK 2 Muhammadiyah Malang tahun ajaran 2017/2018 / M. Liky Anggi Pandi Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pratama, M. Liky Anggi Pandi. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Teams-Games Tournament) dengan Media Monopoli untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Malang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Endang Sri Andayani,S.E., M.Si, Ak., (II) Hj. Yuli Widi Astuti, S.E., M.Si, Ak. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Team-Games Tournament), Monopoli, Hasil Belajar Berdasarkan data awal yang didapatkan melalui observasi ditemukan beberapa masalah di kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Malang, antara lain: (1) siswa tidak disiplin, (2) siswa sulit untuk berkonsentrasi, (3) siswa yang pasif, (4) siswa cepat merasa jenuh/bosan dengan pelajaran, (5) siswa malu bertanya dan berbicara di depan kelas, dan (6) rendahnya hasil belajar siswa. Dengan kondisi diatas maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif TGT (Teams-Games Tournament) dengan media monopoli dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Muhammadiyah 2. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Akuntansi dan siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Malang yang berjumlah 15 siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes hasil belajar, catatan lapangan, lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif TGT (Team-Games Tournament) dengan media monopoli terdiri dari tiga tahap, yaitu: (1) kegiatan awal, (2) kegiatan inti, dan (3) kegitan akhir. Setelah dilakukan penerapan model pembelajaran kooperatif TGT (Teams-Games Tournament) dengan media monopoli didapatkan hasil: (1) posisi duduk model huruf “U” dapat membuat siswa menjadi disiplin karena seluruh aktifitas siswa dapat diawasi dengan baik oleh guru siswa, (2) penambahan senam otak pada awal pembelajaran dapat menyegarkan otak, meningkatkan konsentrasi, dan memperbaiki suasana hati siswa, (3) dengan diskusi tutor sebaya siswa menjadi aktif berdiskusi, menjawab soal, dan berani mengungkapkan pendapatnya, (4) penerapan model TGT dengan media monopoli pembelajaran menjadi lebih menyenangkan sehingga siswa tidak merasa jenuh atau bosan selama pembelajaran, (5) pemberian poin tambahan untuk memicu keaktifan siswa dalam bertanya, dan (6) hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/79774

Actions (login required)

View Item View Item