Video pembelajaran pada model pembelajaran terbalik secara self-concept untuk SMP Negeri 4 Malang / Alvio Oni Ayuningtyas

Ayuningtyas, Alvio Oni (2019) Video pembelajaran pada model pembelajaran terbalik secara self-concept untuk SMP Negeri 4 Malang / Alvio Oni Ayuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Ayuningtyas, A. O. 2019. Pengembangan Video Pembelajaran untuk Memfasilitasi Model Pembelajaran Terbalik Secara Self-Concept di SMP Negeri 4 Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Susilaningsih, M.Pd., (II) Dr. Henry Praherdhiono, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: LearnerÔÇÖs characteristic, Self-concept, video pembelajaran Penelitian ini mengkonstruksi pembelajaran terbalik agar pebelajar memiliki LearnerÔÇÖs characteristic berkehendak dan terampil dalam berkolaborasi sebagai wujud Self-concept dan kebutuhan pengembangan diri siswa menghadapi era keilmuan. Model Konstruksi Pedagogi Terbalik merupakan model pembelajaran dimana siswa belajar melalui ekplorasi material pembelajaran baik secara on-line maupun off-line sebelum pertemuan substansi di kelas. Fokus penelitian ini mengkonstruksi pembelajaran terbalik agar pebelajar memiliki LearnerÔÇÖs characteristic dalam berkehendak dan terampil untuk berkolaborasi sebagai wujud Self-concept dan kebutuhan pengembangan diri siswa menghadapi era industri 4.0. Model Konstruksi Pedagogi Terbalik adalah model yang mengarahkan siswa belajar melalui ekplorasi material pembelajaran baik secara on-line maupun off-line sebelum pertemuan substansi di kelas. Model pedagogi terbalik akan memberikan kontribusi keilmuan hingga wujud kongkrit pengembangan karakter pebelajar yang dapat dipertanggungjawabkan secara empiris. Video pembelajaran salah satu media yang dapat memfasilitasi model pembelajaran terbalik. Dalam penerepanya Ahli Materi dan Media menilai Video Pembelajaran Seni Musik Ansambel layak digunakan dalam pembelajaran. Nilai rata-rata ahli materi, ahli media dan ahli desain pembelajaran adalah 3,64, 3,96 dan 3,7 dari rata-rata nilai skala 4. Uji coba Video Pembelajaran memberikan hasil yang cukup baik, dari 28 siswa diperoleh rata-rata keseluruhan jawaban audiens berjumlah 3,6 dari skala 4,00. Sehingga diperoleh hasil bahwa video pembelajaran layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/797

Actions (login required)

View Item View Item