Persepsi mahasiswa tentang pentingnya keterampilan dasar mengajar bagi kompetensi lulusan Teknologi Pendidikan / Rani Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi mahasiswa tentang pentingnya keterampilan dasar mengajar bagi kompetensi lulusan Teknologi Pendidikan / Rani Susanti

Susanti, Rani (2019) Persepsi mahasiswa tentang pentingnya keterampilan dasar mengajar bagi kompetensi lulusan Teknologi Pendidikan / Rani Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Susanti Rani. 2018. Persepsi Mahasiswa tentang Pentingnya Keterampilan Dasar Mengajar Bagi Kompetensi Lulusan Teknologi Pendidikan. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Edu M.Pd. (II) Drs. Zainul Abidin M.Pd. Kata Kunci Persepsi Keterampilan Dasar Mengajar Kompetensi Lulusan Teknologi Pendidikan Mahasiswa yang telah menempuh matakuliah Kemampuan Dasar Mengajar mempunyai persepsi tersendiri tentang pentingnya keterampilan dasar mengajar bagi kompetensi lulusan Teknologi Pendidikan. Persepsi yang akan ditimbulkan akan berbeda-beda setiap mahasiswa maka dari itu peneliti ingin mengetahui persepsi mahasiswa teknologi pendidikan universitas negeri malang angkatan tahun 2015 tentang pentingnya keterampilan dasar mengajar terhadap kompetensi lulusan teknologi pendidikan. Mahasiswa Teknologi Pendidikan angkatan 2015 yang sudah menempuh matakuliah Kemampuan Dasar Mengajar dianggap telah menguasai keterampilan-keterampilan dasar mengajar yang sangat berguna untuk mengevaluasi pembelajaran dan menciptakan metode dan inofasi pembelajaran jika terdapat ketidaksesuaian. Dalam pelaksanaannya matakuliah kemampuan dasar mengajar merupakan implementasi metode praktek mengajar untuk memberi situasi yang tampak real terhadap mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode dekriptif dengan perhitungan kuantitatif dengan skala Likert dari satu sampai empat. Data penelitian yang diperoleh dari instrumen atau angket yang disebar diolah dalam bentuk persentase yang kemudian dijabarkan dengan sederhana dengan harapan akan memberikan pemahaman bagi pembaca. Berdasarkan hasil analisis data kesimpulan yang diperoleh yaitu persepsi mahasiswa teknologi pendidikan Universitas Negeri Malang tentang pentingnya keterampilan dasar mengajar bagi kompetensi lulusan teknologi pendidikan adalah positif. Persepsi mahasiswa dalam (a) kebutuhan mahasiswa terhadap matakuliah mencapai 81 2% dikategorikan sangat positif (b) kompetensi lulusan sebagai profesi guru mencapai 75 4% dikategorikan sangat positif (c) pentingnya keterampilan dasar mengajar terhadap kompetensi lulusan teknologi pendidikan mencapai 85 1% dikategorikan sangat positif (d) evaluasi matakuliah kemampuan dasar mengajar mencapai 80 6% dikategorikan sangat positif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa bahwa keterampilan dasar mengajar sangat perlu dimiliki oleh lulusan teknologi pendidikan. Karena dalam penerapannya matakuliah kemampuan dasar mengajar adalah aplikasi dari berbagai ilmu teknolog pendidikan dan mengacu pada kompetensi yang dikemukakan oleh AECT (2012) yaitu standar pedagogi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/794

Actions (login required)

View Item View Item