Peningkatan penguasaan konsep dan motivasi belajar siswa melalui model quantum teaching pembelajaran tematik kelas IV Sekolah Dasar / Moh. Faisol Muttaqin

Muttaqin, Moh. Faisol (2019) Peningkatan penguasaan konsep dan motivasi belajar siswa melalui model quantum teaching pembelajaran tematik kelas IV Sekolah Dasar / Moh. Faisol Muttaqin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Muttaqin, Faisol Moh. 2018. Peningkatan Penguasaan Konsep dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Quantum Teaching Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Sulton, M.Pd. (II) Drs. H. Zainul Abidin, M.Pd. Kata kunci: Quantum Teaching, TANDUR, Penguasaan Konsep, Motivasi, Peningkatan. Pembelajaran yang disampaikan hanya sebatas penjelasan guru dapat menjadikan siswa merasa bosan, jika hal itu terus berlangsung maka akan menimbulkan kejenuhan yang dirasakan siswa dalam belajar, yang pada akhirnya berdampak pada turunnya motivasi serta hilangnya konsep terhadap materi belajar siswa. Oleh karena itu sosok guru diharapkan dapat mengerti kebutuhan siswanya sehingga dapat membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan tanpa menghilangkan makna belajar itu sendiri. Tujuan dari penelitian adalah untuk melihat adakah peningkatan penguasaan konsep dan motivasi belajar siswa pada siswa kelas IV SD dengan menggunakan model quantum teaching. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif dengan quasi experimental dengan rancangan penelitian one group pretest posttest design. Dalam penelitian ini tidak terdapat kelas pembanding, hanya terdapat kelas eksperimen yang sebelumnya telah diberikan pre-test sebelum perlakuan untuk melihat penguasaan konsep yang telah dicapai siswa. tahap berikutnya adalah diberikan perlakuan dengan menerapkan model quantum teaching, setelah itu diberikan posttest untuk melihat adakah hasil dari perlakuan yang telah diberikan sebelumnya. Hasil analisis data menggunakan paired sample t-test dengan hasil t hitung= 3,452 sedangkan hasil t tabel = 2,771. Jika dibandingkan hasil antara t hitung dan t tabel, maka nilai t hitung lebih besar. Karena nilai t hitung > t tabel, Sesuai hipotesis yang ada maka H1 diterima dan H0 ditolak, sedangkan untuk mengetahui ada atau tidaknya motivasi belajar siswa dengan menggunakan quantum teaching peneliti menggunakan beberapa indikator motivasi untuk kegiatan observasi, dalam hal ini terdapat beberapa indikator motivasi belajar siswa lebih tampak setelah menggunakan model quantum teaching. berdasarkan hipotesis tersebut maka terdapat perbedaan yang signifikan terhadap penggunaan model quantum teaching terhadap peningkatan penguasaan konsep dan motivasi belajar siswa. Saran untuk peneliti selanjutnya agar lebih disiapkan lagi mengenai materi dan kesiapan guru dalam mengajarkan model quantum teaching, untuk peningkatan pada aspek motivasi belajar siswa lebih ditekankan menggunakan metode kualitatif karena pengumpulan datanya lebih mendalam, sehingga kemungkinan ada atau tidaknya motivasi siswa saat menggunakan model quantum teaching dapat terlihat lebih detail.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/793

Actions (login required)

View Item View Item