Setiawati, Hayyu Desi (2019) Pengaruh media game edukasi 'Kahoot!' terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMAN 1 Blitar / Hayyu Desi Setiawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Setiawati Hayyu Desi. 2018. Pengaruh Media Game Edukasi KAHOOT Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMAN 1 Blitar. Skripsi Prodi S1 Teknologi Pendidikan Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden M.Pd. (II) Eka Pramono Adi S.IP M.Si. Kata Kunci Pengaruh KAHOOT Hasil Belajar Demi tercapainya tujuan dari pendidikan nasional Indonesia menurut UU No. 20 tahun 2003 maka pendidik perlu membuat pembelajaran yang menarik yang dapat menarik minat peserta didik untuk belajar yaitu dengan memanfaatkan media pembelajaran. Berdasarkan wawancara yang dilakukan peneliti peserta didik cenderung bosan dan tidak tertarik untuk mengikuti pembelajaran karena pendidik tidak menggunakan media yang dapat menarik perhatian selama pembelajaran. Hal ini membuat rendahnya hasil belajar peserta didik yang juga menandakan bahwa tujuan pembelajaran belum tercapai secara maksimal. Oleh karena itu pendidik harus bisa menyesuaikan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman dan karakteristik peserta didik memasuki abad 21. Salah satu media yang dapat digunakan untuk menarik minat peserta didik untuk belajar adalah media game edukasi KAHOOT . Media game edukasi KAHOOT dapat menarik minat peserta didik untuk belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji adanya perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang belajar menggunakan KAHOOT dengan peserta didik yang belajar secara konvensional pada matapelajaran sejarah bab masa pendudukan Jepang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Blitar Kota Blitar. Subjek penelitian berjumlah masing-masing 30 siswa untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 30 soal yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KAHOOT yang digunakan di kelas eksperimen dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik secara signifikan pada matapelajaran sejarah bab masa pendudukan Jepang. Hal ini dapat dilihat pada rata-rata nilai hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 83 80 74 33 serta diperoleh hasil uji-t sample independent 2 tailed yaitu 0 000 0 05 yang artinya nilai sig. (2-tailed) 0 05 sehingga H0 ditolak sehingga menunjukkan bahwa penggunaan KAHOOT pada matapelajaran sejarah bab masa pendudukan Jepang berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMAN 1 Blitar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/791 |
Actions (login required)
View Item |