Nisya, Yaniar Khoirun (2010) Pengembangan media pembelajaran interaktif pelajaran geografi untuk Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Dringu Kabupaten Probolinggo / Yaniar Khoirun Nisya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nisya Yaniar Khoirun. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pelajaran Geografi Untuk Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Dringu Kabupaten Probolinggo Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Mohammad Efendi M.Pd. M.Kes (II) Drs. Abdul Manan Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pelajaran Geografi Media dapat diartikan suatu perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima. Sedangkan Multimedia interaktif adalah media yang dapat berinteraksi secara langsung dengan pebelajar karena interaktif memiliki komunikasi yang bersifat dua arah. Dan dalam proses belajar mengajar perlu diciptakan suasana yang menyenangkan sehingga respon yang berkesan akan lebih diingat dibandingkan respon yang tidak berkesan. Pengembang melihat kondisi pada saat belajar geografi di kelas X SMAN 1 Dringu materi yang diberikan kepada pebelajar masih menggunakan metode diskusi tanya jawab dan ceramah dari pembelajar. Tingkat keefektivan pebelajar dalam hal bertanya menjawab pertanyaan menggungkapkan ide gagasan menganalisis suatu masalah dan proses pembelajaran lainnya menurut pengembang kurang efektif karna geografi merupakan pelajaran yang berhubungan dengan gejala alam sehingga tidak memungkinkan bagi siswa untuk menggunakan media cetak saja untuk mengembangkan imajinasinya. Pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan pembelajaran interaktif dalam pembelajaran pendapat siswa tentang penggunaan pembelajaran interaktif serta pengaruh penggunaan pembelajaran interaktif terhadap kondisional pembelajaran siswa dikelas. Selanjutnya untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan pengumpulan data melalui metode tes sebagai instrumen pokok dokumentasi observasi dan angket sebagai instrumen pendukung. Metode tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi dokumentasi digunakan untuk memperoleh data pribadi dan nilai siswa observasi dilakukan untuk mendapatkan data mengenai kondisional pembelajaran siswa sedangkan angket digunakan untuk mengetahui pendapatsiswa tentang penggunaan pembelajaran interaktif dalam pembelajaran. Media pembelajaran interaktif ini divalidasikan oleh ahli materi sebanyak 2 orang ahli media sebanyak 2 orang dan audiens siswa sebanyak 20 orang. Setelah dianalisis media pembelajaran interaktif ini dinyatakan valid dengan hasil perhitungan ahli media 87 5% ahli materi 89 16% dan siswa individual 83 9% serta siswa kelompok kecil 84 04%. Hal ini menunjukkan media pembelajaran interaktif cukup dapat memberikan efek positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa secara menyeluruh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran interaktif sangat efektif digunakan dalam pembelajaran siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jan 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/79 |
Actions (login required)
View Item |