Martini, Sri (2019) Implementasi model pembelajaran Predict, Observe, and Explain (POE) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran teknologi perkantoran kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Ngunut Tulungagung / Sri Martini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Martini Sri. 2019. Implemententasi Model Pembelajaran Predict Observe and Explain (POE) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran kelas X Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Ngunut Tulungagung. Skripsi jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. I Nyoman Suputra M.Si. Kata Kunci Predict Observe and Explain (POE) Aktivitas Belajar Hasil Belajar Pendidikan merupakan salah satu bagian terpenting dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM). Maka diharapkan supaya suasana belajar dan proses pembelajaran saat ini dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan potensi dirinya. Komponen utama dalam belajar yaitu adanya keterlibatan peserta didik. Dalam proses pembelajaran di dalam kelas perlu melibatkan peserta didik agar pembelajaran lebih aktif. Sesuai dengan karakter pada kurikulum 2013 pembelajaran bukan lagi berpusat pada guru sebagai sumber informasi melainkan berpusat pada peserta didik itu sendiri sehingga guru hanya berperan sebagai fasilitator. Maka oleh karena itu tugas pendidik yaitu memilih model pembelajaran yang dapat membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan lebih banyak terlibat dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran POE merupakan salah satu inovasi model pembelajaran yang melibatkan peserta didik untuk membantu peserta didik lebih aktif karena memiliki tiga tahapan atau aktivitas yang harus dilakukan oleh peserta didik yaitu memprediksi percobaan/pengamatan dan menjelaskan. Adanya tiga tahapan tersebut sehingga aktivitas peserta didik tidak hanya mendengarkan dan mencatat. Dalam proses pembelajaran aktivitas belajar peserta didik dapat mempengaruhi baik tidaknya hasil belajarnya. Apabila aktivitas peserta didik di dalam kelas membosankan maka hal ini dapat memberikan dampak pada daya serap materi yang disampaikan sehingga hasil belajar peserta didik menjadi tidak baik dan begitu pun sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran materi prosedur kegiatan rapat teleconference dengan mengimplementasikan model pembelajaran POE. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pelaksanaan tindakan dilaksanakan dari tanggal 29 Maret 26 April 2019 dengan subyek penelitian adalah peserta didik kelas X OTKP 2 yang terdiri dari 25 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan baik pada aktivitas belajar maupun hasil belajar peserta didik. Rata-rata aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan sebesar 14% dari 77% menjadi 91% dengan kategori sangat baik. Selain itu hasil belajar peserta didik ranah kognitif mengalami peningkatan sebesar 4 2% dari 84 48% menjadi 88 68% dengan kategori baik dan untuk hasil belajar ranah psikomotorik mengalami peningkatan 3 07% dari 83 8% menjadi 86 87% dengan kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan adanya implementasi model pembelajaran POE pada kelas X mata pelajaran Teknologi Perkantoran dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik. Dengan adanya model pembelajaran POE ini peserta didik semakin aktif dan banyak terlibat dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat diberikan yaitu (1) bagi peserta didik diharapkan dapat mengikuti pembelajaran dengan tertib dan lebih aktif lagi (2) bagi guru sebaiknya model pembelajaran ini diterapkan guru sebagai alternatif dalam mengajar agar terdapat variasi model pembelajaran di kelas sehingga dapat membangkitkan semangat peserta didik dalam belajar dan (3) bagi peneliti selanjutnya agar penelitian ini digunakan untuk mengembangkan penelitian sejenis dalam lingkup yang lebih luas pada mata pelajaran dan materi-materi lainnya yang sesuai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Dec 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/78828 |
Actions (login required)
View Item |