Pengembangan instrumen asesmen autentik berorientasi hots terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola humas dan keprotokolan di SMK Negeri 1 Turen Malang / Silvina Ardiani

Ardiani, Silvina (2020) Pengembangan instrumen asesmen autentik berorientasi hots terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola humas dan keprotokolan di SMK Negeri 1 Turen Malang / Silvina Ardiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ardiani, Silvina. 2019. Pengembangan Instrumen Assesmen Autentik Berorientasi HOTS Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan Di SMK Negeri 1 Turen Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Wening Patmi Rahayu, S.Pd., M.M. Kata Kunci : Instrumen Assesmen, Assesmen Autentik, Higher Order Thinking Skills, Hasil Belajar. Dalam mengumpulkan data mengenai keberhasilan belajar peserta didik, pendidik membutuhkan suatu penilaian atau assesmen. Penilaian memiliki manfaat seperti dapat memotivasi peserta didik dalam belajar lebih giat untuk mendapatkan prestasi yang lebih baik, serta dapat menunjukkan keakuratan dalam status pencapaian hasil belajar peserta didik. Penilaian autentik berorientasi HOTS melibatkan kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kreatifitas yang menimbulkan tantangan untuk peserta didik dalam mengoptimalkan kemampuan berpikirnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan assesmen autentik yang berorientasi HOTS yang layak dan dapat mengukur hasil belajar. Pada penelitian ini menggunakan model penelitian 4D. Subjek penelitian berjumlah 60 siswa dengan kelas XII OTKP 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 siswa, kemudian kelas XII OTKP 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Hasil belajar siswa didapat melalui posttest. Intrumen penelitian yang digunakan adalah pilihan ganda dan penilaian. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan Independen T Test padaIBM SPSS Statistik versi 25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen assesmen layak digunakan dalam pembelajaran dan berpengaruh meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diatas disimpulkan bahwa pengembangan assesmen autentik berorientasi HOTS memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78827

Actions (login required)

View Item View Item