Pengembangan media pembelajaran explosion box pada mata pelajaran korespondensi untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas X program studi Administrasi Perkantoran di SMK Ma'arif NU Mantup Lamongan) / Tri Anna Sholikah

Sholikah, Tri Anna (2020) Pengembangan media pembelajaran explosion box pada mata pelajaran korespondensi untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas X program studi Administrasi Perkantoran di SMK Ma'arif NU Mantup Lamongan) / Tri Anna Sholikah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sholikah, Tri Anna. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Explosion Box Pada Mata Pelajaran Korespondensi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Peserta Didik Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Ma’arif NU Mantup Lamongan). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. H. Mohammad Arief, M.Si Kata Kunci : Media Pembelajaran, Explosion Box, Hasil Belajar Pada peserta didik banyak aspek yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa salah satu nya adalah media pembelajaran yang diberikan oleh guru. Dalam kondisi pembelajaran sekarang kebanyakan guru masih menggunakan media pembelajaran berupa power point, masih kurang maksimal dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Media pembelajaran Explosion Box mengarahkan siswa agar lebih tertarik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan yaitu: (1) Menghasilkan media pembelajaran Explosion Box pada mata pelajaran korespondensi untuk digunakan di SMK Ma’arif Nu Mantup Lamongan; (2) Menghasilkan media pembelajaran Explosion Box yang layak digunakan dalam pembelajaran korespondensi untuk KD 3.1 Memahami Komunikasi Kantor; dan (3) Menghasilkan media pembelajaran Explosion Box yang digunakan untuk mengukur hasil belajar berdasarkan perbandingan kelas kontrol dan kelas eksperimen di SMK Ma’arif Nu Mantup Lamongan. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan Borg and Gall (dalam Sugiyono 2015:298) dengan langkah-langkah yang telah disesuaikan dengan keadaan lapangan dan batas waktu yang diberikan sekolah, yaitu (1) Potensi dan masalah; (2) Pengumpulan data dan informasi; (3) Desain produk; (4) Validasi desain; (5) Revisi desain; (6) Uji coba produk; (7) Uji coba pemakaian; (8) Produk Akhir. Validasi media pembelajaran Explosion Box dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan 7 peserta didik. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh sebesar 90,55% yang dinyatakan sangat layak, sedangkan hasil validasi oleh ahli media diperoleh sebesar 97,64% yang dinyatakan sangat layak. Hasil uji coba terbatas yang dilakukan secara langsung dikelas memperoleh hasil sebesar 90,28% yang dinyatakan sangat valid dan layak. Setelah melaksanakan pembelajaran pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai posttets aspek kognitif untuk kelas kontrol sebesar 77,17% dan untuk kelas eksperimen sebesar 80,43. Jadi, berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan media pembelajaran explosion box dinyatakan valid dan sangat layak untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78826

Actions (login required)

View Item View Item