Pengembangan media pembelajaran berbasis prezi pada mata pelajaran teknologi perkantoran dalam kompetensi dasar menerapkan pengoperasian transaksi online untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada kelas X OTKP di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Ega Inggarjana Rahalin

Rahalin, Ega Inggarjana (2020) Pengembangan media pembelajaran berbasis prezi pada mata pelajaran teknologi perkantoran dalam kompetensi dasar menerapkan pengoperasian transaksi online untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada kelas X OTKP di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Ega Inggarjana Rahalin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rahalin, Ega Inggarjana. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran Dalam Kompetensi Dasar Menerapkan Pengoperasian Transaksi Online Untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi pada kelas X OTKP di SMK Muhammadiyah 2 Malang) . Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Agung Winarno, M.M. Kata kunci: Media Pembelajaran, Teknologi Perkantoran, Menerapkan Pengoperasian Transaksi Online, Hasil Belajar. Media pembelajaran merupakan salah satu alternative dalam penyampaian materi dengan bentuk yang lebih menarik untuk membangkitkan keinginan baru serta rangsangan belajar sehingga media pembelajaran memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Namun hal tersebut kurang sesuai dengan situasi pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran untuk kelas X OTKP di SMK Muhammadiyah 2 Malang bahwa belum terdapat media pembelajaran untuk menyampaikan materi khususnya kompetensi dasar Menerapkan Pengoperasian Transaksi Online. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan tujuan yaitu menghasilkan media pembelajaran berbasis Prezi pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran dalam kompetensi dasar Menerapkan Pengoperasian Transaksi Online yang layak sesuai dengan hasil validasi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yang diketahui melalui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunkan media pembelajaran berbasis Prezi. Berdasarkan tujuan yang telah diuraikan, peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis Prezi dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall hasil modifikasi yang terdiri dari 8 (delapan) langkah yaitu (1) potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi produk, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian. Hasil dari penelitian pengembangan ini yaitu Media Pembelajaran Berbasis Prezi pada Mata pelajaran Teknologi Perkantoran dalam Kompetensi Dasar Menerapkan Pengoperasian Transaksi Online yang telah tervalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validasi dari ahli media menunjukkan hasil kategori cukup valid sedangkan validasi ahli materi menunjukkan kategori sangat valid. Media pembelajaran juga mendapat respon dari peserta didik ujicoba produk dengan kategori sangat efektif yang dikumpulkan melalui angket. Hasil lain yang diperoleh dari penelitian dan pengembangan ini yaitu perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis Prezi. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari sebelum menggunakan media dan sesudahnya sebesar 13. Berdasarkan uraian tersebut bahwa media pembelajaran berbasis Prezi telah layak dan efektif digunakan sebagai salah satu media penyampaian materi. Saran bagi peneliti selajutnya agar mengembangkan media dengan kompetensi dasar yang berbeda. Apabila mengembangkan kompetensi dasar yang sama untuk menjelaskan mengenai website transaksi online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78825

Actions (login required)

View Item View Item