Implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan audio visual untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran administrasi umum kelas X OTKP SMK Cendika Bangsa Kepanjen / Krismonia Agustin

Agustin, Krismonia (2020) Implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan audio visual untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran administrasi umum kelas X OTKP SMK Cendika Bangsa Kepanjen / Krismonia Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Agustin, Krismonia. 2019. Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Skripsi, Jurusan Manajemen, Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Agung Winarno, M.M. Kata Kunci: project based learning,audio visual dan hasil belajar. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara diperoleh data dan informasi bahwa pembelajaran di kelas X SMK Cendika Bangsa Kepanjen masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan. Selain itu nilai hasil belajar masih banyak yang dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penerapan model pembelajaran PjBL berbantuan audio visual dan (2) Pengaruh penerapan model pembelajaran PjBL berbantuan audio visual terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah kelas X OTKP SMK Cendika Bangsa Kepanjen yang berjumlah 44 peserta didik. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana masing-masing siklus memiliki 4 tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data melalui: (1) observasi, (2) wawancara, (3) tes, dan (4) dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) implementasi model pembelajaran PjBL berbantuan audio visual untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran administrasi umum kelas X OTKP SMK Cendika Bangsa Kepanjen dapat terlaksana dengan sangat baik yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, (2) pada penerapan model pembelajaran PjBL berbantuan audio visual hasil belajar aspek kognitif dan aspek psikomotorik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini yaitu implementasi model pembelajaran PjBL berbantuan audio visual terlaksana dengan sangat baik, implementasi model pembelajaran PjBL berbantuan audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditinjau dari aspek kognitif dan aspek psikomotorik. Saran pemanfaatan bagi guru, dapat menggunakan model pembelajaran PjBL sebagai alternatif pembelajaran yang bervariatif, sedangkan saran bagi peserta didik diharapkan dapat mengikuti proses pembelajaran dengan tertib, aktif dalam bertanya dan berpendapat, bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugas dan lebih menghargai teman saat berpendapat maupun presentasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78824

Actions (login required)

View Item View Item