Pengembangan e-modul adminitrasi umum berbasis sigil pada kompetensi dasar memahami fungsi- fungsi manajemen untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas x OTKP di SMK Negeri 1 Turen / Charlie Silvia Yulanda

Yulanda, Charlie Silvia (2020) Pengembangan e-modul adminitrasi umum berbasis sigil pada kompetensi dasar memahami fungsi- fungsi manajemen untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas x OTKP di SMK Negeri 1 Turen / Charlie Silvia Yulanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Yulanda, Charlie Silvia. 2019. Pengembangan E-Modul Administrasi Umum Berbasis Sigil Pada Kompetensi Dasar Memahami Fungsi-Fungsi Manajemen Untuk Meningkatkan hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Otkp Di Smk Negeri 1 Turen. Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd., M.M. Kata kunci: Pengembangan, E-modul. Administrasi Umum Tantangan yang dihadapi dalam melakukan penerapan kurikulum 2013 terkait dengan penambahan mata pelajaran baru yaitu memperbanyak bahan ajar yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran baru. Bahan ajar e-modul dirasa perlu dikembangkan agar guru dan peserta didik dapat mencukupi kebutuhan belajar yang tepat dan efektif. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan e-modul administrasi umum, mengetahui kelayakan e-modul, dan mengetahui hasil belajar peserta didik setelah menggunakan e-modul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall hanya delapan tahap yaitu: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain Produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Ujicoba produk, (7) Revisi produk, (8) Ujicoba pemakaian. Produk hasil pengembangan ini divalidasi oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 6 uji coba pengguna, dan 34 peserta didik kelas X OTKP 3. Instrument pengumpulan data menggunakan angket. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa skor penilaian dari angket dan data kualitatif berupa kritik dan saran. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan presentase. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini berupa e-modul Administrasi Umum berbasisi sigil untuk peserta didik kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Turen. Hasil validasi ahli materi e-modul diperoleh kriteria “sangat valid”. Sedangkan hasil validasi ahli media diperoleh kriteria “sangat valid”. Hasil uji coba pengguna diperoleh kriteria “sangat valid” dan hasil uji coba pemakaian terdapat perbandingan rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Oleh karena itu, e-modul yang dikembangkan oleh peneliti mampu membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Saran pemanfaatan produk yang dikembangkan berupa e-modul administrasi umum ini dapat digunakan oleh guru untuk mengajar dan dapat digunakan peserta didik untuk kegiatan pembelajaran atau kegiatan belajar mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78821

Actions (login required)

View Item View Item